Buaya Penerkam Lelaki Pencari Lokan di Sungai Mandiangin Pasaman Barat Belum Ditemukan

Tim Pencarian dan Pertolongan mengevakuasi bagian kaki korban (Foto: Basarnas)
Tim Pencarian dan Pertolongan mengevakuasi bagian kaki korban (Foto: Basarnas)

HALONUSA.COM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyatakan belum menemukan buaya yang menerkam pencari lokan di Suangai Mandiangin Nagari Katiagan Kabupaten Pasaman Barat.

“Sampai saat ini kami masih belum menemukan buaya yang menerkam warga itu,” kata Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, Kamis 1 Desember 2022.

Ia mengatakan bahwa pihaknya masih berupaya untuk mencari dan memastikan keadaan buaya yang menyerang warga itu terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

“Untuk melakukan tindakan, kita harus memastikan buaya ini besar atau kecil dulu. Kalau besar nanti kita akan upayakan menggesernya,” lanjutnya.

Sebelumnya, tim Pencarian dan Pertolongan telah menemukan korban yang diterkam oleh buaya pada 29 November 2022 lalu di daerah rawa.

“Korban An Paloso (43) berhasil Ditemukan kurang lebih 600 meter dari Lokasi Kejadian Perkara,” kata Kabid Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Octavianto dalam keterangan resminya, Kamis 1 Desember 2022.

Ia mengatakan, saat ditemukan terlhiat Buaya sedang memakan korban dan bagian tubuh yang berhasil di evakuasi hanya Bagaian kedua kaki Paha kebawah.

“Saat ini tim sedang mengevakuasi Body Part korban yag berada di rawa-raw,” lanjutnya.

Sebelumnya, Seorang lelaki di Suangai Mandiangin Nagari Katiagan Kabupaten Pasaman Barat diserang oleh buaya dan hilang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Octavianto dalam keterangan resminya, Selasa 29 November 2022.

Ia mengatakan bahwa kejadian tersebut berawal saat korban atas nama Paloso (43) pergi mencari lokan bersama temannya Rutinus di sungai tersebut.

Saat sampai di lokasi, korban langsung masuk ke dalam sungai dan diserang oleh buaya yang ternyata ada di dalam sungai tersebut.

“Menurut keterangan saksi, korban langsung menghilang saat diserang oleh buaya tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, setelah itu warga sekitar langsung berinisiatof untuk melakukan pencarian sekaligus melaporkannya kepada tim Pencarian dan Pertolongan.

“Tim saat ini sedang menuju lokasi untuk melakukan pencarian, mudah-mudahan korban dapat ditemukan,” tutupnya. (*)

Pos terkait