Bukan Kali Pertama Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap, Ahok: Pastikan Penyebabnya

pertamina-pastikan-pasokan-bahak-bakar-minyak-dan-elpiji-aman-padamkan-api-tangki-pertamina-cilacap
Tangki Pertamina terbakar di Cilacap merupakan salah satu produk yakni Pertalite, Perseroan sedang memastikan pasokan BBM dan elpiji untuk masyarakat aman terkendali (merdeka/halonusa.com)

HALONUSA.COM – Peristiwa terbakarnya salah satu tangki produk PT. Pertamina tangki di kilang di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) perlu penyelidikan.

“Hati-hati, dan pastikan penyebabnya, karena sudah sering terulang yang sama,” kata Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP), Sabtu (13/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Ahok, peristiwa kebakaran tangki di Kilang Cilacap, Jawa Tengah bukan kali pertama terjadi tapi berulang. Sehingga perlu pengusutan lebih dalam.

Informasi yang masuk, area yang terbakar merupakan tangki 36T102 berisi Pertalite dengan level tangki 15,9 meter versus maximal level 20 meter atau sekitar volume 31 ribu kiloliter versus maximal 39 ribu kiloliter. Kebakaran tangki 36T102 itu terjadi pada pukul 19.15 WIB.

Sejauh ini masih proses pemadaman dilakukan, namun Ahok belum membeberkan penyebab utama kebakaran pada tangki 36T102 berisi Pertalite.

“Penyebab kebakaran sementara belum dapat dipastikan penyebabnya. Pada saat kejadian hujan lebat diikuti dengan petir yang keras,” tutur Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Komisaris Utama Pertamina.

Saat ini di lokasi tersebut tengah dilakukan penyekatan api di seputar tangki 36T102 dan defensive fire fighting dengan fire truck dan hidran.

“Penyiapan offensive fire fighting, pendinginan terhadap tangki sekitarnya dengan menyalakan water sprinkler,” katanya.

Sebelumnya diberitakan petugas pemadam kebakaran telah menuju ke lokasi untuk memadamkan api. Belum diketahui penyebab maupun lokasi pasti kebakaran tersebut.

Pos terkait