Bus ALS Terbakar di Sijunjung, Polisi Angkut Penumpang Pakai Mobil Patroli ke Tempat Ini

Kondisi bus ALS dengan rute Medan-Jakarta yang hangsu terbakar di Jalan Lintas Sumatera pada Jumat (13/6/2022) pagi. (Foto: Dok. Polres Sijunjung)
Kondisi bus ALS dengan rute Medan-Jakarta yang hangsu terbakar di Jalan Lintas Sumatera pada Jumat (13/6/2022) pagi. (Foto: Dok. Polres Sijunjung)

HALONUSA.COM – Sebanyak 46 penumpang bus trayek Medan-Jakarta dengan nama lambung Antar Lintas Sumatera (ALS) dievakuasi polisi dengan menggunakan mobil patroli.

Mereka dievakuasi usai peristiwa kebakaran di bus ALS dengan nomor polisi (nopol) BK 7815 LC yang dibawa dibawa oleh Muhamad Iqbal Lubis, 52 tahun dan Pulungan serta seorang kondektur bernama Amas Muda Harahap.

Bacaan Lainnya

“Mereka kami evakuasi menggunakan mobil patroli ke rumah makan perwakilan bus ALS di Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya,” kata Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Sijunjung, AKP Nasrul Nurdin.

Nasrul mengatakan, api yang membakar bus tersebut diketahui berasal dari kap mesin belakang carter dan langsung meledak.

“Melihat gumpalan asap masuk ke dalam bus melalui saluran pendingin, pengemudi menepikan kendaraannya dan memberitahukan kepada penumpang segera turun,” katanya.

Meski tak ada korban jiwa, kata Nasrul, kebakaran tersebut sempat membuat akses lalu lintas menjadi macet, karena berada di jalur perlintasan antar daerah.

Selain itu, ramainya masyarakat setempat dan pengendara lain yang berhenti juga memperparah keadaan kemacetan tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, namun semua barang bawaan penumpang tidak dapat diselamatkan karena api menjalar dengan cepat,” ungkapnya.

“Saat ini bus yang terbakar masih berada di lokasi kejadian Jalan Lintas Sumatera, Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang.

“Arus Lalu lintas dari dua arah dalam keadaan lancar,” tuturnya. (*)

Pos terkait