Cara Konsumsi Madu dan Aturannya Untuk Atasi Asam Lambung

Ilustrasi asam lambung
Ilustrasi asam lambung

HALONUSA.COM – Asam Lambung adalah sebuah kondisi yang sangat membahayakan kesehatan. Keadaan tersebut bahkan bisa membuat seseorang harus dirawat intensif di Rumah Sakit.

Banyak obat yang bisa dikonsumsi oleh seorang pengidap asam lambung. Mulai dari yang herbal hingga obat yang dijual di apotek.

Bacaan Lainnya

Salah satu obat yang bisa dikonsumsi adalah madu. Madu bisa mengobati asam lambung jika dikonsumsi secara terus menerus.

Dikutip Halonusa.com dari Alodoter, menurut beberapa penelitian, konsumsi sekitar 1 sendok teh madu setiap harinya cukup untuk meredakan gejala asam lambung. Anda bisa mencampur madu dengan segelas air hangat atau teh.

Meski penelitiannya masih terbatas, konsumsi madu masih dianggap sebagai cara yang aman dan efektif untuk meredakan gejala asam lambung.
Sebagian besar orang bisa mengonsumsi madu tanpa mengalami efek samping tertentu. Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap madu, hindari konsumsinya.

Bila Anda menderita diabetes, gula darah rendah, atau konsumsi obat yang dapat memengaruhi gula darah, pastikan Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum rutin mengonsumsi madu.

Hal lain yang perlu diketahui adalah penggunaan madu tidak disarankan untuk bayi di bawah usia 12 bulan. Pasalnya, konsumsi madu dapat meningkatkan risiko terjadinya botulisme pada bayi.

Kini, Anda telah mengetahui seputar manfaat dan penggunaan madu untuk asam lambung. Jika gejala asam lambung yang Anda alami tak kunjung membaik atau justru memburuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pos terkait