Cegah Penjarahan di Suzuya Mall Banda Aceh, Seratusan Polisi Terjun Menjaga Mall

Cegah Penjarahan di Suzuya Mall Banda Aceh, Seratusan Polisi Terjun Menjaga Mall
Kepolisian dari Polresta Banda Aceh berjaga dan mengamankan gedung Suzuya Mall paska kebakaran di Setui, Banda Aceh, Aceh. (Foto: Dok. Polresta Banda Aceh).
HALONUSA.COM - Seratusan polisi turun untuk mengamankan area Suzuya Mall di Banda Aceh pasca kebakaran beberapa waktu lalu, 4 April 2022. Pusat perbelanjaan tersebut  pasca terbakar kata Kabag SDM Polresta Banda Aceh, Kompol Suryadi rawan penjarahan.

Pengerahan pasukan terbagi atas tiga regu, dan tiga shift, dan masing-masing regu pengawal atau yang mengepalai seorang perwira pengendali.

Kabag SDM Polresta Banda Aceh, Kompol Suryadi kepada Halonusa, Jumat (8/4/2022) menerangkan, selain penempatan pasukan berasal dari Polresta Banda Aceh serta Polsek jajaran, dari personel TNI juga terlibat.

"Satu-satunya pengawasan tersebut mengantisipasi penjarahan di lokasi kejadian perkara," kata Kompol Suryadi.

Selain itu fungsi dan tugas mereka guna memperlancar kerja tim pemadam kebakaran, yang masih siaga. Selain itu mengawal proses kerja tim Labfor agar tidak terjadi hal tidak diinginkan.

"Sudah atensi agar tidak ada pihak atau siapa pun untuk masuk. Sehingga saat proses penyelidikan tidak ada hal kerusakan. Agar proses penyebab mall itu terbakar cepat terdeteksi," ungkap Kabag SDM Polresta Banda Aceh, Kompol Suryadi.

Baca Juga: Tim Labfor Aceh dan Sumut Olah TKP Kebakaran Gedung Suzuya Mall di Banda Aceh

Sambungnya, para pemilik  usaha dan toko dalam Suzuya Mall belum beri izin untuk mengambil barang-barang milik mereka di dalam pusat perbelanjaan terbesar di Banda Aceh ini.

"Hanya bisa melihat-lihat barang dan personel harus mengawal mereka, sehingga demikian fungsi penempatan personel anggota Polri dan TNi di TKP," terangnya.

Jangan Makan Isu HOAX


Kabag SDM Polresta Banda Aceh, Kompol Suryadi juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak termakan isu hoax atau bohong, yang belum pasti kebenarannya.

Salah satunya saat kebakaran terjadi, ada isu beredar kalau ada brankas yang terbobol saat peristiwa kebakaran terjadi.

"Saat kami periksa di lapangan memang tidak ada. Isu-isu hoaks seperti ini harus kita hindari, kalau perlu tanyakan ke kami dari aparat kepolisian yang berada di lapangan," sebut Kompol Suryadi.

Saat berada di lapangan gedung Suzuya Mall terpasang garis polisi (police line) dan sejumlah puing puing bangunan masih berserakan di halaman gedung pusat perbelanjaan. (*)

Berita Lainnya

Index