Dibantu Aqua, Petani di Solok Kembangkan Pertanian Terintegrasi

Dibantu Aqua, Petani di Solok Kembangkan Pertanian Terintegrasi
Lokasi pertanian terintegrasi di Solok

HALONUSA.COM - PT irta Investama atau Aqua Solok membantu petani untuk meningkatkan produksi dan harga jual hasil pertanian.

Melalui program CSR, Aqua Solok membantu masyarakat yang ada di sekitarnya untuk mengembangkan pertanian terintegrasi di daerah sekitaran pabrik.

Aqua Solok melakukan berbagai kegiatan dan inovasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan pabrik yang sebagian besar adalah petani.

Kegiatan tersebut berupa melaksanakan beragam pelatihan, pendampingan hingga pengembangan teknik pembibitan dan tanam kepada kelompok tani di wilayah tersebut.

Terbaru, Aqua Solok membantu petani untuk mengembangkan sistem pertanian yang terintegrasi atau terpadu (integrated farming).

Stakeholder Relation Pabrik Aqua Solok Azra'i mengatakan, sistem pertanian terintegrasi merupakan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan konservasi lingkungan.

Selain itu, Azra'i menyampaikan, sistem terintegrasi ini juga sangat memudahkan para petani karena efisien serta produksi yang dihasilkan sangat baik dan berkualitas.

“Kami mengedukasi masyarakat untuk bagaimana mengelola pertanian lebih modern. Jadi kami terapkan pertanian terintegrasi,” katanya.

Ia mengatakan, salah satu kelompok tani yang dibina Aqua Solok dalam mengembangkan pertanian terintegrasi adalah kelompok tani pangan Lestari. Disana, dikembangkan penanaman sayuran dengan sistem aquaponik dengan air dibawahnya menjadi kolam ikan. Kemudian disampingnya ada pengembangan maggot atau belatung.

Halaman :

Berita Lainnya

Index