Didukung Niniak Mamak, DPP NasDem Yakin Anies Baswedan Menang Besar di Sumbar

Calon presiden dari partai NasDem, Anies Baswedan, berkunjung ke kantor LKAAM Sumbar di Padang, Minggu (4/12/2022). (Foto: Tim Khusus Anies Baswedan Sumbar)
Calon presiden dari partai NasDem, Anies Baswedan, berkunjung ke kantor LKAAM Sumbar di Padang, Minggu (4/12/2022). (Foto: Tim Khusus Anies Baswedan Sumbar)

HALONUSA.COM – Partai NasDem makin yakin bahwa Anies Baswedan bakal menang besar di Sumatera Barat (Sumbar) pada Pilpres 2024, setelah mendapat dukungan dari niniak mamak yang berada dalam naungan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, kalau tidak bertemu tetua adat di Minangkabau, sama halnya tidak mencicip randang dan gulai cubadak.

“Sebenarnya esensi dari pertemuan Anies Baswedan dengan ninik mamak maupun bundo  kanduang sudah kaji manurun,” ucap Willy Aditya, Minggu (4/12/2022).

Bacaan Lainnya

Artinya, sambung Willy, memang sudah keharusan bersilaturahmi, didatangi sehingga terjalin hubungan itu.

“Datang tampak muko, pulang tampak pungguang (datang dan pergi hendaklah memberitahu-red). Di sini itu sudah jelas bagian kearifan lokal, dan kemudian menunjukkan Anies sosok yang beradat,” cakap Willy Aditya.

Kunjungan Anies Baswedan di hari kedua di Sumatera Barat, tepatnya di Padang dengan menemui ninik mamak dan bundo kanduang, salah satu satu bagian dari diskusi, bagian dari silaturahmi, sambung Willy Aditiya.

“Ya, tidak hanya simbol-simbol semata, yang paling penting ada substansinya, yakni apakah kita beradab atau beradat, itu intinya dan sedang berlangsung hari ini,” ungkapnya.

“Pertemuan dengan tetua adat dari saran dan harapan yang mereka sampaikan kepada Anies Baswedan, bisa menjadi ayat-ayat bait-bait penuntun bagi Anies Baswedan itu sendiri,” ungkapnya.

DPP Partai NasDem yakin Anies Baswedan memiliki tempat di Sumatera Barat. Bahkan Willy Aditya juga merasakan hal yang sama secara prinsip.

“Insyaallah, Anies Baswedan di Sumatera Barat menang besar,” ungkap Willy.

Walau dari rasa keyakinan kata Willy lagi, “Kita kembalikan kepada rakyat atau urang awak. Istilahnya marapulai rancak, awak ka baralek gadang.”

Ia berharap semoga di Pilpres 2024, “Ranah Minang baralek gadang, marapulainya Anies Baswedan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar membeberkan alasan kenapa Niniak Mamak dan Bundo Kanduang di ranah minang sepakat untuk memenangkan Anies di Pilpres 2024.

“Yang jelas sekali (Anies) tokoh yang sederhana, agamais dan pembela perempuan serta kesejahteraan demokrasi,” katanya.

Sambung Fauzi Bahar lagi, “Dalam hal ini, orang minang akan saling berkata antara niniak mamak dan perantau untuk memenangkan Anies di Pilpres nantinya”.

Seperti di awal, bahwa niniak mamak di Sumatera Barat berjanji, 75 persen suara masyarakat Sumbar milik Anies Baswedan di Pilpres 2024. (*)

Pos terkait