Digelari Ratu Niang Sukmawati: Berikut Fakta Terkuak Usai Putri Bung Karno Resmi Masuk Hindu

Foto: Sukmawati saat diberkati sesaat tengah sah masuk agama Hindu.
Foto: Sukmawati saat diberkati sesaat tengah sah masuk agama Hindu.

HALONUSA.COM – Kita dikejutkan dengan Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri seorang wanita asal Bali berusia 70 tahun
usai resmi memeluk agama hindu.

Ia diberi gelar Bali yaitu Ratu Niang Sukmawati adalah nama yang terinspirasi olehnya merupakan reinkarnasi Ratu Majapahit Tribhuwana Tunggadewi.

Pasalnya, Sukmawati menjalani upacara Sudhi Widhani dan dipastikan sah masuk keagama Hindu setelah mengikuti agama ayah Soekarno yaitu Islam.

Upacara itu diadakan di Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (26/10) siang.

Saat menggelar konferensi pers, Kepala Sukrno Center di Bali, Arya Wedakarna, mengatakan saat ini Sukmawati telah dianugerahi nama Baali yaitu Ratu Niang Sukmawati oleh para pelingsir di Bali.

“Pada hari ini Sukmawati telah memiliki nama Bali yang diberi oleh para pelingsir dan direstui oleh para pelingsir dengan gelar Ratu Niang Sukmawati,” ungkap Wedakarna saat konferensi pers di The Sukarno Center, Tampaksiring, di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa (26/10/2021)

Ia menceritakan nama tersebut berawal saat Sukmawati meresmikan Sukarno Center dengan mengadakan Upacara Nilapati atau upacara proses penyucian sesuai dengan petunjuk Ida Pedanda Lebar, pada 2011 lalu.

“Sesuai dengan petunjuk Ida Padanda Lebar, waktu itu mendoakan atau mengabenkan Bung Karno tahun 2011. Saat itu dihadiri oleh Bapak Puspayoga Wagub (Bali). Nah pada saat itu, ada suatu ritual yang dijalankan oleh beliau bertempat di Griya Sanur Pejeng yang ada di Gianyar dengan Ida Pedanda Gede Wayahan Bun waktu itu tahun 2011,” sambungnya.

Pos terkait