Dikira di Swiss, Tempat Wisata Ini Ternyata Berada di Sumbar, Kepoin Yuk!

Pemandangan Alahan Panjang, Solok. (Foto: Kolase foto @kharismagema dan @adipatifozan)

HALONUSA.COM – Ada tempat wisata yang keren banget di Sumatera Barat (Sumbar), nih. Bahkan, banyak yang mengira tempat ini bukan di Sumbar.

Ramai orang yang beranggapan, tempat wisata tersebut ada di negara Swiss, Eropa. Benar mirip banget sih.

Apalagi view tempat wisata ini dilihat dari ketinggian. Tampak bangunan-bangunan dengan atap berwarna merah yang berdiri di tepian perairan.

Bacaan Lainnya

Pohon cemara menjulang tinggi juga menambah keindahan tempat wisata ini. Pemandangan yang tak bosan-bosan untuk ditatap.

Tempat wisata yang dikira berada di Swiss itu adalah Alahan Panjang. Lokasinya masuk dalam wilayah Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar.

Pemandangan Alahan Panjang
Pemandangan Alahan Panjang. (Foto: IG @detiksumbar)

Tak hanya pemandangannya yang indah, udaranya juga segar banget. Negeri ini sangat dingin meski tak ada salju.

Alahan Panjang sendiri dikenal sebagai salah satu daerah paling dingin di Sumbar dengan suhu 19-21 celcius.

Desa wisata Alahan Panjang ini berada di ketinggian 1.400-1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat wisata ini berada di tepian Danau Kembar, yakni Danau Diatas dan Danau Dibawah. Terdapat juga gunung berapi yang masih aktif, yakni Gunung Talang.

Bagi kamu yang belum pernah ke sini, buruan datang. Lebih seru bersama teman-teman atau keluarga.

Jika dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Alahan Panjang memiliki jarak 70 km dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam lebih.

Alahan Panjang ini adalah pilihan wisata hidden gem. Kamu bisa staycation di villa atau homestay yang keren-keren di sini.

Ada beberapa homestay yang bisa kamu sewa di sini, di antaranya adalah Central Park (Camping Arena), Agrowisata Kebun Strowbery, Alahan Panjang Resort, Penginapan Danau Diatas, Hotel Gren Hill, Villa Kayu Putih dan Hotel Kayu Putih.

Selain daya tarik wisata pemandangan, Alahan Panjang juga mempunyai kuliner yang wajib kamu coba.

Beberapa di antara kuliner khas Minangkabau yang bisa kamu santap di Alahan Panjang ini adalah randang, lamang hitam, ampiang dadieh, bawang goreng, keripik kentang, dan dodol tomat yang sedang dikembangkan.

Pos terkait