Dinas Kesehatan Sumatera Barat Tunjuk RSUP M Djamil Rujukan Utama Hepatitis Misterius

HALONUSA.COM – Dinas Kesehatan Sumatera Barat menyiapkan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang sebagai rujukan utama.

“Untuk tempat rujukan, kami akan menunjuk RSUP M Djamil Padang dalam bentuk antisipasi Hepatitis Akut ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat, Laila Yanwar, Selasa (10/05/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, RSUP M Djamil Padang bisa menjadi Rumah Sakit rujukan utama karena lebih lengkapnya peralatan serta tenaga kesehatan.

“Selain itu, kami juga akan memberikan pengetahuan tentang Hepatitis Akut ini kepada seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh Sumatera Barat,” katanya.

Sebelumnya, seorang bayi berumur dua bulan setengah asal Kabupaten Solok, Sumatera Barat, meninggal dunia diduga karena penyakit hepatitis misterius.

Bayi tersebut sempat dirujuk dari puskesmas di Solok, RSUD sebelum dirawat di RS Hermina Padang, dan akhirnya meninggal dunia pada 2 Mei 2022.

Menurut Lila, gejala hepatitis misterius yang dialami bayi tersebut yaitu penyakit kuning, demam, gangguan pencernaan, diare, dan berakhir dengan pendarahan saluran cerna, lalu banyak gangguan hati yang terjadi dalam waktu yang cepat.

Sebagai langkah antisipasi, menurut Lila, pihaknya sudah memberikan imbauan kepada dinas kesehatan kabupaten dan kota serta rumah sakit agar segera melaporkan jika ditemukan kasus serupa.

Pos terkait