Dirlantas Polda Sumbar Tekan Jajarannya Optimalkan Implementasi Konsep Zero Accident, Apa Itu?

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya (kanan) memberi arahan kepada jajarannya. (Foto: Dok. Istimewa)
Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya (kanan) memberi arahan kepada jajarannya. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Hilman Wijaya, menekankan jajarannya agar mengoptimalkan implementasi program Zero Accident atau nihil kecelakaan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas).

“Kami meminta kepada para Kasat Lantas terlebih dahulu melaksanakan pemetaan (mapping) terhadap titik rawan lakalantas (black spot) dan daerah rawan laka lantas (black) yang nantinya diharapkan tercipta daerah berkeselamatan,” kata Hilman di Ruang RTMC Ditlantas Polda Sumbar, Selasa, (30/8/2022).

Bacaan Lainnya

Selain itu, kata Hilman, Kasat Lantas juga perlu melaksanakan sinkronisasi data laka lantas.

“Kasat Lantas harus mengambil langkah-langkah strategis demi menekan angka kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Menurutnya, para Kasat Lantas harus menganalisa berbagai faktor penyebab laka lantas, sehingga bisa mengetahui penyebab dominannya.

“Dengan menganalisa faktor-faktor tersebut, bisa pula melakukan langkah-langkah penanganan kecelakaan lalu lintas secara tepat dan optimal,” ucapnya.

Dia meminta analisa dan evaluasi (Anev) kecelakaan mingguan yang dibuat sebagai patokan dalam bertindak untuk meminimalisasi kejadian kecelakaan lalu lintas.

“Tentunya, dengan mengoptimalkan Program Zero Accident ini dapat menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban meninggal dunia,” imbuhnya. (*)

Pos terkait