Diskominfo Pasaman Gandeng Telkom Bangun Jaringan Telekomunikasi

Ilustrasi pemancar sinyal. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi pemancar sinyal. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pasaman menggandeng PT Telkom untuk membangun jaringan telekomunikasi.

Kadis Kominfo Kabupaten Pasaman, Wiliyam Hutabarat mengatakan, pembangunan pemancar untuk meningkatkan kualitas jaringan dari 3G menuju 4G di sejumlah titik buta (blank spot).

Bacaan Lainnya

Empat kecamatan yang masih mengalami titik buta (blank spot) sinyal tersebut berada di Kecamatan MapatTunggul, Mapat Tunggul Selatan, Duo Koto dan Rao Utara.

Di Mapat Tunggul Selatan, jaringan yang tersedia hanya berstatus 2G, hanya untuk SMS dan telepon saja.

“Bahkan ada kawasan yang tak dapat sinyal sama sekali,”kata Wiliyam Hutabarat, Selasa (22/9/2021) dilansir dari Antara Sumbar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, katanya, pihaknya telah memasang tujuh perangkat jaringan telekomunikasi milik Kemenkominfo di sejumlah jorong di lima kecamatan.

Lima kecamatan yang dipasang perangkat Very Small Aperture Terminal (VSAT) di antaranya, Lubuk Sikapung, Rao Selatan, Tigo Nagari, Mapat Tunggul dan Mapat Tunggul Selatan.

Jaringan Nirkabel Gratis

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Yulisman meminta pemerintah untuk segera membangun jaringan nirkable (wireless) gratis di kawasan yang masih mengalami blank spot.

“Dengan adanya wifi gratis, maka bisa mendukung pelayanan kesehatan, pendidikan dan pemerintahan,” katanya.

Kemudian, kata pria yang berasal dari Fraksi PAN tersebut, para mahasiswa kesulitan belajar online lantaran jaringan telekomunikasi susah di Mapattunggul.

“Mereka bahkan harus ke bukit dahulu untuk mendapatkan sinyal,” ungkapnya.

Pos terkait