Dosen UIN MY Batusangkar Berikan Materi Terkait Peluang dan Tantangan Industri Media di SMKN 3 Sungai Penuh Jambi

Dosen UIN MY Batusangkar Berikan Materi Terkait Peluang dan Tantangan Industri Media di SMKN 3 Sungai Penuh Jambi
Dosen UIN MY Batusangkar foto bersama dengan siswa dan siswi SMKN 3 Sungai Penuh Jambi, usai kegiatan penabdian Peluang dan Tantangan Industri Media, di Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Dosen UIN MY Batusangkar Berikan Materi Terkait Pelua
HALONUSA.COM - Dosen Keilmuan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus (MY) Batusangkar telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMKN 3 Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan ini, dosen-dosen keilmuan komunikasi melakukan pengabdian dengan mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Industri Media”.

Dalam kegiatan pengabdian ini sengaja siswa atau siswi yang menjadi sasarannya, sebab banyak para remaja atau muda-mudi yang terkesan mengalami “kagok” ataupun dalam istilah komunikasi disebut Cultural Shock.
Baca Juga: Dampingi Pokdarwis di Solok Selatan, Dosen UIN MY Batusangkar Bangkitkan Destinasi Wisata Seribu Rumah Gadang

Hal itu dapat terlihat dengan banyaknya para remaja yang menggunakan New Media hanya sekadar untuk kesenangan sesaat, dan cenderung ke arah penggunaan yang sifatnya negatif.

Hal inilah yang membuat dosen yang tergabung dalam Konsorsium Keilmuan Komunikasi UIN MY Batusangkar untuk memberikan arahan, bimbingan, serta motivasi terhadap siswa atau siswi dalam penggunaan media, dan bahkan untuk terjun langsung sebagai praktisi media tersebut.

Konsorsium keilmuan komunikasi menjadikan SMKN 3 Sungai Penuh sebagai wadah untuk melakukan pengabdian, sebab sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang popular dan berada di Kotamadya terbesar kedua di Provinsi Jambi, yang mana rentan terhadap keseharian yang negatif, khususnya pada penggunaan New Media.
Baca Juga: Hasil Penelitian 3 Dosen asal Sumbar Terhadap Masyarakat Adat Kajang di Bulukumba Sulsel

Dalam sambutannya, Julianto Kepala Sekolah SMKN 3 Sungai Penuh mengatakan pilihan siswa atau siswi jurusan multimedia sudah berada di jurusan yang tepat.

"Anda semua sudah tepat ada di jurusan multimedia, karena saat ini perkembangan media begitu pesat, bapak dan ibu dosen dari konsorsium keilmuan komunikasi akan menambah pengetahuan dan mempertegas pilihan tepat tersebut," kata Julianto.

Dua materi utama yang disampaikan narasumber yakni Gateekeper dan pemanfaatan New Media oleh Oktri Permata Lani dan peluang bekerja di industri media oleh Andri Maijar berhasil menarik perhatian dari para peserta.
Baca Juga: Dosen UNP, ISI, dan UIN Batusangkar Teliti Resolusi Konflik Berbasis Kebudayaan di Komunitas Adat Kajang Sulsel

Dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dari para peserta, diskusi berjalan dengan atraktif, dan ditutup dengan pemutaran video prodil dari dua program studi yang berada pada konsorsium keilmuan komunikasi yakni prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan Prodi Jurnalistik Islam (JI).

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, ketua Jurusan Multimedia, Guru Multimedia dan juga Siswa/i SMKN 3 Sungai Penuh Jurusan Multimedia dan anggota Konsorsium UIN MY Batusangkar.

 Anggota Konsorsium Keilmuan Komunikasi


Baca Juga: Hadirkan Solusi Bagi IKM Setia, Tim Dosen Politeknik ATI Padang Rancang Mesin Penggiling Bumbu

1. Marhen, S.Sos.I., M.Pd.I
2. Riki rikarno, M.Sn
3. Refika Mastanora, S.Kom, M.I.Kom
4. Oktri Permata Lani, M.I.Kom
5. Andri Maijar, M.Sn
6. Novrizon Marzal, M.I.Kom
7. Siti Fadila, M.Sn
8. VannyoraOktazeni, M.Si
9. Syafriwaldi, S.Sos.I, M.A
10. Zafirah Quroatun’uyun, M.A
11. Drs. Ali Nopiah, M.A. (KK)

Berita Lainnya

Index