Duet Rhenima-Daffa Rahmanda Sukses Pukau Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival

Duet penyanyi minang Rhenima Zahraini dan Daffa Rahmanda. (Foto: Istimewa)
Duet penyanyi minang Rhenima Zahraini dan Daffa Rahmanda. (Foto: Istimewa)

HALONUSA.COM – Kolaborasi artis Minang senior dan pendatang baru, Rhenima Zahraini dan Daffa Rahmanda sukses memukau penonton di Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa).

Total sebanyak tujuh lagu Minang dibawakan oleh kedua penyanyi asal Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Bacaan Lainnya

“Salah satu lagu yang kami bawa adalah single duet baru kami, Siti Rohana,” kata Daffa Rahmanda kepada Halonusa.com, Selasa (13/9/2022) siang.

Selain Siti Rohana, kata pria yang juga merupakan seorang anggota Polri tersebut, terdapat sejumlah lagu lainnya yang dibawakan.

Di antaranya, Palipua Jiwa Lara, Ginyang Mak Taci, Kadang Antahlah Tapi Baalah (KATB), Lupo jo Raso Cinto, Antah Iyo Antah Tido, Mendung Tanpo Udan, dan lagu dengan genre Medley Pop.

“Kami menghibur masyarakat di malam puncak (SISSCa) tersebut,” katanya.

Penyanyi Minang, Renima Zahraini. (Foto: Istimewa)
Penyanyi Minang, Renima Zahraini. (Foto: Istimewa)

SISSCa merupakan event unggulan Kota Sawahlunto guna mengembangkan kepariwisataan sejak tahun 2015 dalam rangka mewujudkan Kota Sawahlunto sebagai Kota Wisata Tambang yang Berbudaya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai aktualisasi dari budaya masyarakat Sawahlunto sebagai perajin tenun songket, khususnya Songket Silungkang yang ditelah ditetapkan sebagai ‘Warisan Dunia tak Benda’.

Selain itu, SISSCa juga sebagai bentuk penggalian nilai-nilai budaya Kota Sawahlunto sebagai kota tambang batubara tertua di Asia sejak penjajahan kolonial Belanda.

Sejak 2015, SISSca sudah mewarnai dunia ekonomi kreatif khususnya bidang fashion Indonesia.

Pada tahun 2015, SISSCa pernah tercatat dalam rekor MURI atas peserta terbanyak yang memakai busana kain songket dalam satu kegiatan, yaitu sejumlah 17 ribu peserta.

Hebatnya, walaupun dilaksanakan saat pandemi pada tahun 2021 lalu, SISSCa berhasil terselenggara meriah dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Lebih dari enam ribu penonton secara langsung menyaksikan warna-warni kostum parade sebanyak 51 peserta. (*)

Baca juga:

Pos terkait