Dugaan Pembalakan Liar, Kayu Gelondongan Terbawa saat Banjir Bandang di Lubuk Sikaping Pasaman

Dugaan Pembalakan Liar, Kayu Gelondongan Terbawa saat Banjir Bandang di Lubuk Sikaping Pasaman
Banjir bandang di Lubuk Sikaping, Pasaman.

HALONUSA.COM - Dugaan pembalakan liar, kayu gelondongan terbawa saat banjir bandang di Lubuk Sikaping Pasaman.

Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman beberapa waktu lalu diduga kuat akibat aktivitas pembalakan liar di daerah tersebut.

Masyarakat setempat yang enggan disebutkan namanya itu berharap, aparat penegak hukum segera menyelidiki dugaan pembalakan liar demi kepentingan masyarakat banyak.

Pasalnya, kuat dugaan banjir bandang yang terjadi berulang-ulang di daerah tersebut dipicu adanya aktivitas pembalakan hutan secara ilegal.

Dia menyampaikan, kondisi kayu gelondongan yang terbawa arus banjir beberapa waktu lalu cukup menjadi sebuah bukti nyata tentang adanya dugaan pembalakan liar di daerah tersebut.

"Itu tampaknya telah terjadi pembabatan hutan oleh para penebang ilegal. Material yang dilihat kayu-kayu yang baru dipotong," katanya.

Selain itu menurutnya, dugaan pembalakan liar ini sebenarnya sudah diketahui sejak lama, namun terkesan hanya dibiarkan saja tanpa adanya tindakan hukum.

"Saya sering melihat becak yang hilir mudik yang diduga hasil pembalakan liar dan berasal dari berbagai tempat di daerah tersebut," katanya. (*)

Berita Lainnya

Index