Fungsi Rumah Gadang Sebagai Manifestasi Kehidupan Masyarakat Minangkabau

Istana-Pagaruyung-Herusutimbul-Wikimedia-Commons-Halonusa-Ade-Yuandha-(@Ade_Yuandha)
Istano Basa Pagaruyung terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang saat ini dikenal masyarakat sebagai museum dan objek wisata. Istana Pagaruyung yang asli dibangun di atas Bukit Batu Patah. Fungsi Rumah Gadang Sebagai Manifestasi Kehidupan Masyarakat Minangkabau (Foto: Herusutimbul/Wikimedia Commons/Halonusa)

HALONUSA.COM – Rumah Gadang kaya dengan makna yang merupakan gambaran umum dari kehidupan masyarakat Minangkabau sebagai fungsi Rumah Gadang secara keseluruhan

Dari sisi filosofinya, Rumah Gadang dikatakan gadang (besar) bukan karena bentuknya yang besar melainkan fungsinya yang gadang.

Bacaan Lainnya

Ini ternukil dalam ungkapan yang sering kita dengan bila tetua-tetua adat membicarakan masalah Rumah Gadang tersebut.

Rumah Gadang Basa Batuah, Tiang Banamo Kato Hakikat, Pintunyo Banamo Dalil Kiasan, Banduanyo Sambah-Manyambah, Bajanjang Naik Batanggo Turun, Dindiangnyo Panutuik Malu, Biliak­Nyo Aluang Bunian

Dari ungkapan tersebut, artinya fung­si Rumah Gadang tersebut me­nyelingkupi bagian keseluruhan kehidupan sehari-hari orang Minangkabau.

Baik sebagai tempat kediaman keluarga dan merawat keluarga, pusat melaksanakan berbagai upacara adat.

Sebagai tempat tinggal bersama keluarga dan ini pun diatur dimana tempat perempuan yang sudah berkeluarga dan yang belum, sebagai tempat bermufakat.

Rumah Gadang merupakan bangunan pusat dari seluruh anggota kaum dalam membicarakan masalah mereka bersama dalam sebuah suku, kaum maupun nagari dan sebagainya.

Memang sebuah fungsional dari Rumah Gadang tersebut bila kita pahami dengan baik. Berikut fungsi Rumah Gadang selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Rumah Gadang

Rumah Gadang kaya dengan makna yang merupakan gambaran umum dari kehidupan masyarakat Minangkabau secara keseluruhan.

Dalam kehidupan sehari-hari, Rumah Gadang memiliki fungsi-fungsi tersendiri, fungsi tersebut adalah:

Fungsi Adat.

Sebuah Rumah Gadang, merupakan rumah utama yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat Minangkabau yang diikat oleh suatu suku tertentu.

Pos terkait