Gagal Kabur dari Lapas Kelas IIA Padang, Delapan Warga Binaan Pindah ke Palembang

  • Whatsapp
Warga Binaan Lapas Kelas IIA Padang pindah ke Lapas Kelas I Palembang - Halonusa - Tanharimage.com -
Delapan warga binaan tersandung kasus narkoba dengan masa tahanan hingga seumur hidup dipindahkan ke Lapas Kelas I Palembang, pasca upaya hendak melarikan diri dari dalam Lapas. Tanharimage/Halonusa.com

HALONUSA.COM – Ada upaya kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang, sebanyak delapan warga binaan itu dipindahkan ke Lapas Kelas I Palembang, Jalan Taqwa Mata Merah, Karya Mulia, Sematang Borang, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Alasan pemindahan warga binaan itu selain masa tahanan yang panjang, segi keamanan Lapas Kelas I Palembang cukup ketat.

Memang saat ini Lapas Kelas IIA Padang mengalami beberapa kendala dari segi keamanan, yang saat ini sedang tahapan perbaikan juga. Hal itu dikatakan Kepala Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal), Rusdi, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Belasan Warga Binaan Lapas Klas II B Lubuk Basung Dilatih Ngelas

Rusdi menjelakan, dari kedelapan warga binaan yang dipindahkan itu terjerat kasus narkoba dan menjalani hukuman seumur hidup.

“Ada satu warga binaan menjalani hukuman seumur hidup, dan rata-rata hukuman pidana mereka tinggi semua,” kata Rusdi.

Warga binaan yang terjerat kasus narkoba tersebut jelas Rusdi, ada tiga dari mereka hendak berupaya melarikan diri.

“Intelijen kami menyampaikan kalau mereka akan melewati saluran air, dan telah menyiapkan alat untuk menggergaji teralis saluran air yang ada gorong-gorong,,” terang Rusdi.

Saluran air yang dimaksud setelah ditelusuri ternyata berada di belakang masjid yang ada di dalam Lapas Kelas IIA Padang.

Saluran air tersebut mencukupkan badan untuk bisa lolos. Atas peristiwa itu pula sebelumnya pihak Lapas Kelas IIA Padang tidak akan berdiam diri.

Pos terkait