Gaji ke 13 Cair Besok, Berapa Besarannya?

Ilustrasi gaji ke-13. (Dok. Ilham Medio Agusta/Halonusa)
Ilustrasi gaji ke-13. (Dok. Ilham Medio Agusta/Halonusa)

HALONUSA.COM – Mulai besok, Jumat (1/07/2022) gaji ke 13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dicairkan. Tidak hanya ASN, pensiunan juga akan mendapatkan gaji ke 13.

Untuk proses cair gaji ke 13 itu, PT Taspen segera merilis pernyataan yang merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 75/PMK.05/2022 tentang Pemberian Tunjangan hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022.

Bacaan Lainnya

PT Taspen menyebut besaran gaji ke-13 yang cair pada Juli 2022 akan didasarkan pada komponen penghasilan bulan sebelumnya.

Ini berarti, besaran gaji ke 13 akan terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tambahan penghasilan.

Taspen menyatakan proses cair gaji ke 13 tidak akan dikenakan potongan iuran atau lainnya, kecuali pajak penghasilan yang ditanggung negara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, penerima pensiun yang Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pada bulan ini, Taspen menyebut proses pembayaran pensiunan pertama dilakukan di atas 17 Juni 2022.

Sedangkan untuk TMT itu, disebutkan akan mendapat pembayaran gaji ke-13 mulai 4 Juli 2022.

Kemudian berikutnya, aparatur negara yang berperan sebagai pensiunan atau sebaliknya, ini berarti gaji ke-13 dibayarkan hanya satu kali, yakni nilai yang paling besar.

Selanjutnya, aparatur negara yang menjadi penerima pensiunan janda atau duda, ini berarti berhak menerima gaji ke-13 yang dibayarkan keduanya.

Pos terkait