Gelar Visiting Doktor, Pemkab Tanah Datar Apresiasi KPI UIN MY Batusangkar

Peserta Visiting Doktor yang diadakan UIN MY Batusangkar berfoto bersama. (Foto: Halonusa.com)
Peserta Visiting Doktor yang diadakan UIN MY Batusangkar berfoto bersama. (Foto: Halonusa.com)

HALONUSA.COM – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Mahmud Yunus (MY) Batusangkar menyelenggarakan Visiting Doktor pada Rabu 17 Mei 2023 di Balairung Istano Basa Pagaruyung dengan mengusung tema Dialektika Komunikasi Islam: Prospek Keilmuan dan Profesionalisme di Era Masyarakat.

Sebanyak 200 org lebih peserta yang diliputi oleh dosen-dosen dari kelompok keilmuan komunikasi serta mahasiswa KPI dan Jurnalitik Islam turut meramaikan kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua ASKOPIS (Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Se-Indonesia) Dr. Muhammad Zamroni.

Bacaan Lainnya

Pada Materi Visiting Doktor kali ini Zamroni lebih banyak memberikan motivasi kepada peserta.

Tak hanya itu, Zamroni turut menjabarkan perkembangan terkini terkait keilmuan Komunikasi Islam di Indonesia, dimana saat ini pengguna lulusan sudah membutuhkan disetiap bidangnya dalam dunia kerja.

“Keilmuan Komunikasi Islam di Indonesia saat ini menjadi sangat penting dan dibutuhkan oleh pengguna lulusan di berbagai bidang dalam mencari peluang kerja,” kata Zamroni.

Kemudian, ketua program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Riki Rikarno atau kerap disapa Qnoy juga melaporkan bahwa kegiatan visiting doktor ini merupakan program tahunan yang disinkronkan dengan program pemerintah daerah dalam bidang kebudayaan yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

“Program ini merupakan program tahunan yang disinkronkan dengan program pemerintah daerah dalam bidang kebudayaan yang ada di Tanah Datar” katanya.

Kegiatan ilmiah dalam bentuk seminar yang selama ini cederung diselenggarakan di dalam kampus yang bersifat tertutup, maka pada kegaiatan ilmiah kali ini diselengarakan diruang publik terbuka.

Tak lupa pula, kegiatan tersebut juga langsung dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang diwakili oleh Wakil Dekan I Dr. Risman Bustamam.

Dalam sambutannya Risman menyampaikan ucapan terimakasih banyak kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, khususnya pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memfasilitasi kegiatan ilmiah ini.

“Terima kasih kepada Pemkab sudah sudah memfasilitasi kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Ariswandi, Kabid Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar dalam sambutannya juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, semoga menjadi agenda tahunan bagi UIN MY Batusangkar,” tuturnya.

Lebih lanjut Ariswandi berharap program-program yang dirancangkan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah UIN MY Batusangkar dapat bekerjasama dengan Pemkab khususnya dalam bidang kebudayaan baik dalam bentuk pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. (*)

Pos terkait