Gempa Kali Kedua Sepekan Ini Guncang Mentawai, SAR Sisir Medan

  • Whatsapp
Petugas SAR Kelas B Mentawai saat melakukan operasi kesiapsiagaan saat gempabumi tetkonik mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu pagi 5 Mei 2021 - Kariadil Harefa
Petugas SAR Kelas B Mentawai saat melakukan operasi kesiapsiagaan saat gempabumi tetkonik mengguncang Kepulauan Mentawai, Rabu pagi 5 Mei 2021

HALONUSA.COM – Pasca gempabumi tektonik magnitudo 5,8 mengguncang Mentawai, petugas kantor SAR Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) langsung menyisir perairan dan pantai.

Tidak itu saja mereka pula melakukan patroli pengawasan penyelematan warga saat masih berada di dekat pantai. Hal itu dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas B Mentawai, Akmal kepada halonusa.com, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Tim SAR Kelas B Mentawai Evakuasi Nelayan Terdampak di Goisooinan

Basarnas kata Akmal, kesiapsiagaan anggota siap tempur termasuk siaga prosedur sudah berjaga-jaga.

“Kita selalu siap siaga dalam keadaan apa pun, dan tadi memang cukuk kuat gempanya, Alhamdulillah, semua aman dan kami sekarang masih melakukan pengecekan dan pemantauan di lapangan,” kata Akmal.

Petugas SAR Mentawai sambung Akmal, telah berada di masing-masing lini kesiapsiagaaan.

“Ada yang berada di kapal, darat dengan menyisir pantai dan beberapa personel untuk mobile informasi dan data,” ungkapnya.

Sebelumnya gempabumi tektonik M5,8 mengguncang Mentawai, Rabu, 05 Mei 2021 pukul 08.24.35 WIB. Masyarakat di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) berhamburan ke luar rumah.

Baca juga: Wilayah Mentawai Kembali Terguncang Gempa

Masyarakat yang bermukim di Dusun Mapaddegat, North Sipora, Sipora Jaya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat berlarian menyelamatkan diri ke lokasi yang dianggap aman.

Mereka melakukan evakuasi mandiri dan berkumpul di halaman Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Km. 1 Tuapejat.

Pos terkait