Gempa Terkini 4,8 SR Guncang Pacitan Jatim, BMKG: Terasa hingga Yogyakarta

  • Whatsapp
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM – Gempa terkini, hari Kamis 13 Oktober 2021, mengguncang Pacinta, Jawa Timur (Jatim). Getaran gempa ini terasa hingga Yogyakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, titik gempa berada di 8,87 Lintang Selatan, 110,97 Bujur Timur.

Bacaan Lainnya

Tepatnya, gempa itu berada sekitar 78 km sebelah Barat Daya Pacitan, Jawa Timur. Pusat gempa berada di kedalaman gempa 55 km.

Hingga kini, belum diterima laporan apakah gempa tersebut menimbulkan kerusakan atau tidak.

“Dari hasil analisa sementara gempa benar terjadi, dan sedang proses analisa dan pendataan terkait data dirasakan dampak dari gempa tersebut,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Getaran gempa dirasakan di Pacitan, Trenggalek, Wonogiri, Gunung Kidul, Bantul dan Yogyakarta. Di wilayah Yogyakarta kekuatan gempa tercatat II MMI atau dirasakan oleh beberapa orang dan benda ringan bergoyang.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity)

Skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.

Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Oleh itu skala Mercalli adalah sangat subjektif dan kurang tepat dibanding dengan perhitungan magnitudo gempa yang lain. Oleh karena itu, saat ini penggunaan Skala Richter lebih luas digunakan untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Pos terkait