Gempa Terkini Terjadi di Salatiga, BMKG: Diduga Kuat Sesar Merapi Merbabu dan Sesar Rawa Pening

Gempa Terkini Terjadi di Salatiga, BMKG: Diduga Kuat Sesar Merapi Merbabu dan Sesar Rawa Pening
Diduga kuat jalur sesar aktif inilah sebagai sebagai pemicu rentetan gempa Ambarawa, Banyubiru, Salatiga, dan Bawen sejak pagi dinihari tadi.

Namun, Daryono menambahkan rentetan gempa susulan di Salatiga sampai pada pantauan 06.00 WIB, kekuatan magnitudo gempa beragam dan tercatat ada tujuh, dengan magnitudo M 2.9, M 2.5, M 2.5, M 2.6, M 3.0 adapun yang termonitor sampai pukul 06.44 WIB dengan magnitudo M 2.7.

Refleksi Sejarah Gempa Terkini [Sesar Merapi Merbabu dan Sesar Rawa Pening]

Bacaan Lainnya

Mengingat wilayah Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa berdekatan dengan sumber gempa sesar aktif dan dalam catatan sejarah gempabumi ini kuat dan merusak.

  • Gempa Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 24 September 1849.
  • Gempa Banyubiru, Ambarawa, dan Ungaran pada 17 Juli 1865 di mana gempa ini menyebabkan rumah tembok retak.
  • Gempa Semarang, Ungaran, dan Ambarawa terjadi pada 22 Oktober 1865. Pada keesokan harinya pada 23 Oktober 1865 guncangan gempa kembali terjadi diikuti gemuruh.
  • Gempa Ungaran dan Ambarawa pada 22 April 1866, dimana gempa ini menyebabkan kerusakan bangunan rumah tembok.

  • Gempa Salatiga, Ambarawa dan Ungaran terjadi pada 10 Oktober 1872 dimana guncangan gempa ini menyebabkan kerusakan bangunan rumah tembok.
  • Gempa merusak terakhir adalah peristiwa Gempa Sumogawe, Getasan magnitudo M 2,7 pada 17 Februari 2014 dimana gempa ini merusak beberapa rumah diikuti suara dentuman keras.

https://halonusa.com/gempa-terkini-salatiga-terasa-di-ambarawa-semarang/

Pos terkait