Gratis! Tol Padang-Pekanbaru Seksi 6 Dibuka untuk Umum saat Mudik Lebaran

Tol Bangkinang Pekanbaru
Gerbang Tol Pekanbaru-Bangkinang. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

HALONUSA.COM – Kabar gembira bagi para calon pemudik Lebaran Idul Fitri 2022 di wilayah Riau dan Sumatera Barat (Sumbar).

Sebab, jalan tol Padang-Pekanbaru seksi 6, yakni Bangkinang-Pekanbaru, akan dibuka untuk umum.

Bacaan Lainnya

Ruas tol Bangkinang-Pekanbaru ini, akan dibuka sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan saat ini penyelesaian pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang terus digesa oleh pengelola, dan akan segera difungsikan jelang Lebaran.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan khususnya untuk masyarakat Riau, bahwa jalan tol kita yang ruas Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka seminggu sebelum Lebaran,” ujarnya, Senin (11/4/2022), seperti dikutip dari Bisnis.com.

Selain itu, Syamsuar juga mengatakan bahwa untuk pembukaan jalan tol selama mudik, masyarakat akan dibebaskan dari biaya alias gratis.

Dia menjelaskan, rencana dibukanya jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini untuk menunjang aktivitas mudik masyarakat tahun ini, terutama dari arah Pekanbaru-Sumbar dan Pekanbaru-Kampar.

Kemudian untuk mekanisme arus lalu lintas menurutnya masih akan dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan pihak terkait termasuk kepolisian.

Namun, salah satu opsi yang disampaikan Syamsuar, yaitu ruas tol yang dibuka akan diberlakukan satu arah.

Di mana untuk sementara akan diberlakukan satu arah lalu lintas dahulu, sehingga saat mudik jalur yang dibuka itu arah dari Pekanbaru ke Bangkinang, kemudian saat arus balik ruas yang dibuka arah dari Bangkinang ke Pekanbaru.

Pos terkait