Gunungapi Ibu Erupsi, Muntahan Kolom Abu Teramati Setinggi 800 Meter

Gunung Ibu yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada hari ini Kamis (14/4) pukul 09.31 WIT. Maluku Utara
Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara erupsi. (Dokumen PVMBG)

HALONUSA.COM – Gunung Ibu yang berada di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara, mengalami erupsi pada hari ini Kamis (14/4) pukul 09.31 WIT.

Pantauan tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terlihat kolom abu berwarna kelabu berintensitas tebal ke arah timur laut dengan tinggi kurang lebih 800 meter dari atas puncak atau 2.125 meter di atas permukaan laut.

Bacaan Lainnya

Erupsi tersebut juga terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi selama 60 detik.

Baca Juga: Serahkan Bantuan Semeru, Wali Kota Padang Klaim Tak Ada Warganya Jadi Korban Erupsi

Baca Juga: Pemkab Maluku Tenggara Fokus Pembangunan Infrastruktur di 2022

PVMBG memberikan rekomendasi kepada masyarakat di sekitar Gunung Ibu maupun para pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari puncak gunung.

Selain itu PVMBG juga melarang adanya aktivitas di perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Apabila terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar menggunakan masker atau pelindung hidung dan mulut serta kacamata.

Hingga berita ini turun, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara Tengah berkoordinasi dengan instansi terkait guna kaji cepat dan upaya lain yang dianggap perlu sebagai antisipasi dampak erupsi.

Pos terkait