Guru dan Kepala Sekolah SMPN 1 Padang Diperiksa Inspektorat, Kenapa?

Sekretaris Disdik Padang, Nurfitri
Sekretaris Disdik Padang, Nurfitri

HALONUSA.COM – Seluruh guru dan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Padang diperiksa oleh Inspektorat Pemerintah Kota Padang.

Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut adanya laporan ke Ombudsman Sumatera Barat terkait adanya perubahan nilai siswa yang dilakukan oleh guru agar siswanya bisa mendaftar jalur prestasi.

Bacaan Lainnya

“Saat ini Inspektorat sedang melakukan pemeriksaan terhadap guru dan Kepala Sekolah di SMPN 1 Padang,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang, Nurfitri, Selasa (28/06/2022).

Menurutnya, setelah pihak Inspektorat melakukan pemeriksaan nantinya, baru akan dilakukan tindakan dan akan diketahui kesalahannya terdapat pada guru, siswa atau yang lainnya.

“Kan saat ini masih diperiksa oleh Inspektorat, kalau sudah ada nanti hasilnya, baru diketahui siapa yang salah,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menyarankan Dinas Pendidikan (Disdik) menunda pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA SMK 2022.

Hal ini karena adanya aduan masyarakat atau orangtua siswa ke Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar. Orangtua siswa menyebut, salah satu sekolah asal peserta (SMP) di Padang sengaja menaikkan nilai siswa agar lulus dari jalur prestasi.

Ombudsman meminta Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar menunda pengumuman hasil seleksi hingga kasus pendongkrakkan nilai dapat diselesaikan.

“Ada kejadian kasus menaikkan nilai anak, sehingga anak itu masuk ke jalur prestasi. Kemudian banyak orang yang mempertanyakan terutama di sekolah yang sama,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani, Senin (27/6/2022).

Pos terkait