Hadirkan Solusi Bagi IKM Setia, Tim Dosen Politeknik ATI Padang Rancang Mesin Penggiling Bumbu

Program Pengabdian Dosen ATI Padang

HALONUSA.COM – Sejumlah dosen Politeknik ATI Padang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 7 Juli 2022 dengan mitra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Setia di Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi.

Tim yang terdiri dari lima orang dosen perguruan tinggi negeri tersebut merancang alat penggilingan bumbu tradisional bagi IKM Setia.
Kegiatan ini juga meliputi identifikasi kebutuhan dan permasalahan IKM Setia, wawancara, pengamatan alur kerja, perancangan alat, pembuatan alat, dan pendampingan.

Bacaan Lainnya

PKM ini dilatarbelakangi oleh Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Untuk mewujudkan kewajiban Tri Dharma tersebut, maka Tim Dosen Politeknik ATI Padang melaksanakan PKM dengan melibatkan industri kecil dan menengah sebagai mitranya.

Adapun landasan pemilihan mitra adalah berdasarkan faktor kedekatan bidang yaitu pengolahan bahan agro.

IKM Setia merupakan IKM yang bergerak di bidang penyediaan dan penjualan rempah dan bumbu masakan tradisional dalam bentuk bumbu yang sudah digiling.

Adapun permasalahan utama IKM Setia adalah penggilingan dilakukan oleh pihak ketiga, yang mana hal ini berakibat kepada distribusi bumbu yang akan dipasarkan menjadi terganggu karena harus menunggu antrian dari tempat penggilingan.

Ketua Tim PKM, Addin Akbar, MT mengatakan bahwa ia bersama rekan-rekannya, Suci Oktri Viarani M, MT, Demi Ramadian, MT, Rizaldi Sardani, M.Hum dan Wahyu Fitrianda Mufti, MT, melaksanakan PKM sejak Maret 2022. Diawali dengan pertemuan dalam bentuk kunjungan lokasi untuk mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh mitra IKM.

Pos terkait