Harga Jual Jagung Kering Mahal Terdampak Cuaca, Petani di Pasaman Merana

Harga Jual Jagung Kering Mahal Terdampak Cuaca, Petani di Pasaman Merana
Jagung kering di Pasaman.

HALONUSA.COM - Harga jual jagung kering mahal terdampak cuaca, petani di Pasaman merana.

Meski sempat mengalami penurunan harga sejak 1 setengah bulan yang lalu. Kini harga jual jagung kering masih dinilai mahal oleh para petani di Kecamatan Lubuk Sikaping. Kabupaten Pasaman.

Sarianto, salah seorang pengepul dan juga petani jagung menyebutkan, sebelumnya harga jagung kering sempat menebus hingga Rp6.300 per kg. Harga tersebut sempat
bertahan selama 5 Minggu namun akhirnya kembali turun menjadi Rp5.400 per kg.

"Kalau untuk harga sekarang harga jagung masih mahal tapi kalau dibanding-banding kemarin sudah turun Kalau kemarin kan sekitaran 1 seteng bulan harganya Rp6.300 membeli ke petani kalau sekarang Rp5.400 per kg jagung kering," katanya, Kamis, 30 November 2023.

Di samping harga jagung yang turun saat ini, para petani di Lubuk Sikaping masih dihadapi dengan buah jagung yang mengalami mati biji dengan kondisi berjamur dan menghitam.

"Untuk harga bibit lancar, dengan harga Rp630 per 5 kg," katanya.

Menurut Sarianto, kondisi tersebut dipicu karena curah hujan yang tinggi dan dirinya masih dihadapi dengan harga bibit dan pupuk yang masih mahal.

"Kendala kita sekarang musim hujan, jadi jagung banyak yang cendawan," katanya.

Sarianto berharap, agar harga jual jagung terus stabil dan petani dimudahkan membeli pupuk dan bibit dengan harga yang terjangkau. (*)

Berita Lainnya

Index