Hari ini Vaksin Corona Sinovac Tiba di Sumbar, Disimpan dalam Cold Chain

Petugas kesehatan, sampel usap warga, swab, BIM Padang Pariaman, Sumnbar, Kariadil Harefa, Halonusa, Vaksinasi
Petugas kesehatan mengambil sampel tes usap warga yang hendak melakukan perjalanan ke luar Sumbar di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (23/12/2020). | Kariadil Harefa/Halonusa.com

HALONUSA.COM – Hari ini, Selasa (5/1/2021) vaksin corona Sinovac dijadwalkan tiba di Sumatera Barat (Sumbar) dengan menggunakan mobil boks.

Hanya saja Dinas Kesehatan Sumatera Barat belum memastikan jadwal ketibaan itu, apakah pagi atau siang Selasa ini.

Yang jelas kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, Arry Yuswandi, vaksin corona sinovac akan tiba lalu disimpan dalam cold chain di Dinas Kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Besok (hari ini-red) mudah-mudahan tiba di Padang dengan aman setelah mobil boks diberangkatkan dari biofarma,” kat Arry Yuswandi, saat di kantor gubenur Sumbar, kemarin, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Seberapa Efektif Vaksin Covid-19 Terhadap Antibodi Manusia? Ini Penjelasan Dr. Ir. Penny K. Lukito

Ia melanjutkan ketibaan vaksin corona Sinovac di Padang, Sumbar hari ini, pihaknya belum melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan.

Sementara kuota dosis untuk Sumbar sebanyak 36.920 dosis yang didistribusikan pemerintah pusat ke daerah ini.

Jumlah dosis tersebut sesuai data tenaga kesehatan yang telah dikirimkan dinkes ke pusat.

Vaksin corona Sinovac akan disimpan di tiga ruangan dan dipastikan telah steril.

“Walau nanti telah tiba belum melakukan vaksinasi, sebab menunggu instruksi pusat. Vaksinasi akan dilakukan secara serentak,” pungkasnya.

Baca juga: Vaksin untuk Guru di Padang? Dinkes Padang: Belum Ada Instruksi Pemerintah

Daerah di Indonesia sebagai penerima vaksin corona Sinovac selain Sumatera Barat (Sumbar), sejumlah daerah lainnya juga menerima kiriman dari pemerintah pusat.

Beberapa diantaranya Sumatera Selatan dengan 30.000 dosis, kemudian Jambi dengan 20.000 boks, Bengkulu menerima 20.280 dosis, Lampung menerima 40.520 dosis.

Jawa Timur menerima 77.760 dosis, selanjutnya Kalimantan Utara menerima 10.680 dosis diikuti Sulawesi Barat menerima 5.960 dosis.

Adapun Bali menerima 31.000 dosis dan Papua menerima 14.680 dosis, Jawa Tengah menerima 62.560 dosis dan Banten 14.560 dosis. (hen)

Pos terkait