Hari ini, Vaksinasi Booster Dimulai, Perhatikan Syaratnya

Ilustrasi : Seorang warga Padang melakukan vaksinasi
Ilustrasi : Seorang warga Padang melakukan vaksinasi

HALONUSA.COM – Vaksinasi booster atau vaksinasi ketiga sudah resmi dimulai hari ini, Rabu (12/01/2022) di seluruh Indonesia. Sebelum melakukan vaksinasi booster, harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Menkes mengungkapkan, pada program vaksinasi booster ini akan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Sesuai dengan arahan bapak Presiden tadi siang, maka vaksin booster akan mulai tanggal 12 Januari 2022 besok. Dan juga sesuai dengan arahan beliau, program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun keatas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal 6 bulan yang lalu,” kata Mentri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Ia mengatakan, vaksinasi booster merupakan komitmen pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19, termasuk varian-varian barunya.

Menurutnya, pemerintah sendiri telah memiliki vaksin yang cukup baik yang berasal dari kontrak tahun lalu dan delivery tahun ini. Ada juga tambahan signifikan dari donasi.

“Sebelumnya, Covax memberikan komitmen bantuan terhadap 20% dari populasi Indonesia. Sekarang sudah dikonfirmasi akan ditingkatkan menjadi 30% dari populasi Indonesia. Kira-kira setara vaksinasi untuk 27 juta orang atau kira-kira setara dengan 54 juta dosis vaksin gratis yang bisa diterima pemerintah total dari tahun lalu dan tahun ini,” ujarnya.

Pos terkait