Hari Pahlawan, Wali Kota Padang: Jangan Lupakan Jasa Pejuang

Wali Kota Padang menjadi pembina upacara Hari Pahlawan
Wali Kota Padang menjadi pembina upacara Hari Pahlawan

HALONUSA.COM – Pemerintah Kota Padang menggelar upacara untuk memperingati hari pahlawan pada Kamis 10 November 2022 di lapangan Balaikota Padang. Upcara tersebut diikuti unsur Forkopimda dan sejumlah organisasi lainnya.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan hari pahlawan ini merupakan momentum untuk menjadi bangsa yang tau diri. Hal itu tidak terlepas dari jasa perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

“Para pejuang mempertaruhkan jiwa dan raganya melawan penjajah demi meraih kemerdekaan. Kita perlu mengingat perjuangan mereka,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dalam upacara tersebut, Wali Kota Padang yang menjadi pemimpin upacara membacakan sambutan dari menteri sosial Tri Rismaharini. Adapun tema Hari Pahlawan Tahun 2022 yakni Pahlawanku Teladanku.

“Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,”ujarnya.

Dari Aceh hingga Papua katanya, geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat di mana pun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih ketrampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi.

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma. Kiranya menjadi semangat kita di peringatan hari pahlawan tahun ini, pahlawanku teladanku. Dengan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,”ujarnya.

Peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum peringatan hari pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain,”ujarnya.

Pos terkait