Hasil Penelitian, Kerajaan Jambu Lipo Masih Eksis

Festival Kerajaan Jambu Lipo Sijunjung Dilaksanakan, Ini Tujuannya(Foto: Dok. Ade Yuandha)
Festival Kerajaan Jambu Lipo Sijunjung Dilaksanakan, Ini Tujuannya(Foto: Dok. Ade Yuandha)

HALONUSA.COM – Keberadaan Kerajaan Jambu Lipo Ranah Godok Obuih Sijunjung dinyatakan masih memiliki struktur pangkat, wilayah, benda dan simbol kerajaan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua tim penelitian Kerajaan Jambu Lipo, Sudarmoko yang telah melakukan penelitian tersebut sejak beberapa tahun terakhir.

Bacaan Lainnya

“Dalam penelitian ini, kami melakukan observasi di lapangan dengan mengunjungi lokasi-lokasi penting yang terkait dengan Kerajaan Jambu Lipo,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan diskusi dan wawancara mendalam dengan daerah-daerah rantau seperti kerajaan di Dharmasraya dan Solok Selatan.

Hasil Penelitian, Kerajaan Jambu Lipo Masih Eksis(Foto: Dok. Ade Yuandha)

“Berdasarkan referensi yang tersedia, terdapat beberapa temuan penting dengan Kerajaan Jambu Lipo ini ,” lanjutnya.

Menurutnya, sampai hari ini Kerajaan Jambu Lipo yang berada di Nagari Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat masih melakukan aktivitas, memiliki struktur dan perangkat, wilayah, benda dan simbol kerajaan yang mendapat pengakuan dari masyarakat dan pihak luar.

Hasil penelitian sejarah dan budaya Kerajaan Jambu Lipo itu langsung ditanggapi oleh berbagai pihak yang mengemukakan pendapat mereka.

Pihak yang mengemukakan pendapatnya berasal dari kalangan ulama dan cendekiawan Indonesia dan tokoh masyarakat Sijunjung Ahmad Syafi’i Maarif.

Selain itu, Rektor ISI Padang Panjang dan tokoh masyarakat Sijunjung Novesar Jamarun, Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat dan Pewaris Kerajaan Pagaruyung Raudha Thaib juga ikut menanggapinya.

Pos terkait