Hujan Deras Berakibat Longsor di Bungus Teluk Kabung Padang, 18 Orang Terdampak

Petugas kebencanaan membersihkan tanah longsoran yang terjadi di kawasan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung pada Kamis (1/9/2022) malam. (Foto: Istimewa/Dok. Pusdalops PB Padang)
Petugas kebencanaan membersihkan tanah longsoran yang terjadi di kawasan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung pada Kamis (1/9/2022) malam. (Foto: Istimewa/Dok. Pusdalops PB Padang)

HALONUSA.COM – Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (1/9/2022) siang mengakibatkan longsor dan menimpa rumah di kawasan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Data yang dihimpun dari Pusdalops PB BPBD Kota Padang, sedikitnya terdapat 18 orang jadi korban terdampak akibat peristiwa tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di Sungai Pisang, RT 04 RW 03, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Bacaan Lainnya

“Satu rumah rusak berat serta tiga rumah terdampak. Longsor juga menghambat akses jalan masyarakat,” kata Kepala BPBD Kota Padang, Endrizal.

Endrizal mengatakan, korban terdampak dalam kejadian tersebut berjumlah 18 orang dengan empat Kepala Keluarga (KK).

Sementara kerugian akibat peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp100 juta.

“Korban terdampak diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman oleh masyarakat setempat,” katanya.

Endrizal mengatakan, tim BPBD beserta unsur kebencanaan, TNI, dan Polri melakukan evakuasi pembersihan longsoran, terutama yang menghambat akses jalan masyarakat dengan mempergunakan cangkul dan alat lainnya.

“Akses jalan masyarakat sudah bisa dilewati, namun longsoran yang menimpa rumah warga belum bisa dibersihkan karena (intensitas) hujan masih tinggi di lokasi tersebut,” tuturnya.

Berikut daftar pemilik rumah korban terdampak longsor di Sungai Pisang, RT 04 RW 03, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung:

1. Irwanto, empat jiwa
2. Parto Sukardi, dua jiwa
3. Herdiyanto, lima jiwa
4. A Puryanto, tujuh jiwa

(*)

Baca juga:

Pos terkait