Ini Daftar Calon 59 Nagari Baru yang akan Dibentuk di Pasaman Barat

Foto udara salah satu kawasan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). (Foto: Dok. Istimewa/pasamanbaratkab.go.id)
Foto udara salah satu kawasan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). (Foto: Dok. Istimewa/pasamanbaratkab.go.id)

HALONUSA.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya mengabulkan pembentukan 59 dari 72 calon Kenagarian baru yang berada di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar).

59 nagari persiapan tersebut disetujui pembentukannya karena dinilai sudah memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 1 tahun 2017 tentang penataan desa.

Bacaan Lainnya

Pemekaran tersebut tidak lepas dari andil besar yang dilakukan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia.

Langkah yang dilakukan oleh Rezka Oktoberia tersebut mendapat apresiasi setinggi-tingginya oleh perantau asal Pasbar, Maidestal Hari Mahesa.

“Kami mewakili masyarakat Pasbar berterima kasih kepada beliau yang telah memperjuangkan 59 dari 72 nagari persiapan yang diajukan Pemkab Pasbar,” kata Mahesa, Rabu (3/8/2022).

Mahesa mengatakan, pemekaran nagari di Kabupaten Pasbar merupakan hal yang sudah lama diimpikan oleh masyarakat di sana.

Sosok Rezka Oktoberia pun diakui sebagai ‘malaikat tak bersayap’ yang berhasil mewujudkan keinginan Pemkab dan warga Pasbar karena kegigihan dan kerja keras yang dilakukannya.

“Dengan pemekaran nagari persiapan, diharapkan akan ada pemerataan pembangunan di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Pasbar,” ucapnya.

Berikut daftar nama 59 nagari persiapan (baru) tersebut tersebar di sembilan kecamatan Kabupaten Pasbar, berikut daftarnya:

1. Kecamatan Pasaman

Aia Gadang Timur
Aia Gadang Barat
Sukomananti Aua Kunang
Lingkuang Aua Timur
Lingkuang Aua Baru
Lingkuang Aua Bandarajo
Lingkuang Aua Jambak
Lingkuang Aua Koto Dalam
Lingkuang Aua Barat
Lingkuang Aua Hilia

Pos terkait