Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polresta Padang Pekan Ini, Penuhi Dokumen Persyaratannya

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polresta Padang Pekan Ini, Penuhi Dokumen Persyaratannya
Ilustrasi SIM. (Foto: Dok. Korlantas Polri)
HALONUSA.COM - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang membuka layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling.

Layanan pengurusan SIM keliling ini telah dibuka sejak Senin (13/6/2022) hingga Sabtu (18/6/2022) mendatang.

Pada Senin, Satlantas Polresta Padang membuka layanan SIM keliling di Jembatan Siteba, Kecamatan Nanggalo.

Selasa dan Rabu, layanan SIM keliling dilaksanakan di kawasan Simpang Ganting, Kecamatan Padang Timur.

Kemudian, Kamis hingga Jumat, dilaksanakan di depan SMP Maria, Jalan Gereja, Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat.

Pada hari terakhir SIM keliling pekan ini, layanan SIM keliling akan berada di depan Rumah Makan Surya, Tabing, Kecamatan Koto Tangah.

Bagi pengguna atau pemilik kendaraan, SIM merupakan hal yang wajib dimiliki dan tidak terpisahkan yang juga harus diperpanjang setiap lima tahun sekali.

Perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online melalui layanan aplikasi atau situs yang telah disediakan.

Sementara untuk pengurusan secara hybrid atau offline bisa dilakukan dengan datang langsung ke unit yang ditunjuk atau SIM keliling.

Terdapat dua layanan perpanjangan SIM, yakni A dan C. Selebihnya harus mengurus langsung ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres setempat.

Syarat utama untuk memperpanjang SIM adalah masa berlaku belum terlambat atau masih aktif.

Jika telat satu hari, maka anda tidak bisa memperpanjang SIM melalui layanan keliling ini.

Setiap warga yang ingin memperpanjang SIM A atau C tetap harus mengumpulkan syarat pada umumnya. Persyaratan perpanjang SIM keliling yang harus dipenuhi yakni, KTP asli dan fotokopi sesuai pemilik SIM.

Kemudian, SIM asli yang lama dan masa berlakunya hampir habis, membawa uang untuk perpanjangan SIM. Cukup dengan membawa tiga syarat ini, anda bisa langsung mengantri untuk melakukan perpanjangan SIM keliling.

Jangan lupa juga untuk membawa alat tulis sendiri karena setibanya di sana anda harus mengisi formulir.

Berapa biaya perpanjangan SIM di layanan keliling?

Dihimpun dari berbagai sumber, SIM keliling menerima dua jenis pembayaran yaitu melalui uang tunai dan transfer via BRI.

Biaya perpanjang SIM keliling tidak berbeda dengan perpanjangan di tempat lain. Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 66 tahun 2016 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Khusus biaya untuk perpanjangan SIM A, anda harus mempersiapkan biaya sebesar Rp80 ribu sementara perpanjangan SIM C adalah Rp75 ribu.

Jika membayar dengan uang tunai, disarankan membawa uang pas.

Selain biaya untuk perpanjangan tersebut, ada juga biaya tambahan cek kesehatan dan asuransi.

Untuk cek kesehatan seperti tes buta warna akan dikenai biaya sebesar Rp20 ribu. Asuransi yang harus dibayarkan biayanya adalah Rp30 ribu.

Jika ditotal, perpanjangan SIM A membutuhkan biaya sekitar Rp130 ribu dan SIM C sebesar Rp125 ribu.

Biasanya proses perpanjang SIM keliling ini tidak akan memakan waktu lama. Anda bisa mengetahui jadwalnya terlebih dahulu dengan mengeceknya di surat kabar atau media sosial.

Biasanya mobil SIM keliling ini beroperasi dari pukul 08.00 WIB hingga 14 WIB. Disarankan datang pada pagi hari agar tidak terlambat dan mengantri terlalu lama.

SIM keliling juga memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut, seperti masa Berlaku Perpanjangan SIM Masih banyak yang mengira bawah SIM keliling bisa digunakan untuk memperpanjang SIM yang sudah lewat masa berlakunya.

SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM yang masih berlaku. Baik itu sehari sebelum masa berlaku habis, ataupun di hari yang sama ketika masa berlaku habis, tetapi tidak bisa jika masa berlaku sudah lewat satu hari.

Anda tidak bisa mengajukan pembuatan SIM baru di SIM keliling. Sesuai dengan pelayanannya yaitu hanya untuk perpanjangan saja.

Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM baru karena masa berlakunya telah lewat bisa melakukannya ke Satpas terdekat.

Hal tersebut juga berkaitan dengan rangkaian tes yang biasanya harus dilakukan ketika pembuatan SIM baru. SIM keliling tidak menyediakan fasilitas tersebut mengingat mobil SIM keliling yang sering berpindah tempat.

Permintaan perpanjangan hanya akan diproses jika syarat lengkap dari fotokopi KTP dan aslinya serta SIM asli dilampirkan.

Nantinya SIM lama akan diambil dan anda akan mendapatkan SIM baru. Masyarakat juga bisa membawa lampiran surat kesehatan sendiri dari puskesmas jika tidak ingin mengikuti cek kesehatan di mobil SIM keliling. Pastikan dua syarat pertama dilengkapi dengan benar.

SIM keliling juga menerima pembayaran baik tunai atau transfer ke bank BRI. Khusus untuk transfer, anda biasanya akan diminta setelah melakukan pengumpulan formulir.

Sembari menunggu dipanggil untuk tes,anda bisa langsung transfer ke rekening yang diberikan oleh petugas langsung.

Nantinya sesudah tes kesehatan dan pengambilan foto, bukti transfer bisa diserahkan kepada petugas. Selama semua syarat ini terpenuhi, maka proses pembuatan bisa berjalan dengan benar.

Agar masa berlaku SIM tidak terlewatkan, sebaiknya melakukan perpanjangan satu bulan sebelum masa berlaku habis. (*)

Berita Lainnya

Index