Jadwal Salat Idul Adha, Lokasi, Khatib hingga Imam yang Diselenggarakan Pemko Padang dan Pemprov Sumbar

Ilustrasi salat Idul Adha. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi salat Idul Adha. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (10/7/2022) mulai pukul 06.00 WIB.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, Pemprov Sumbar memusatkan kegiatan di halaman Kantor Gubernur.

“Dengan catatan kalau hari hujan atau kondisi lain yang tidak memungkinkan, dipindahkan ke Mesjid Raya Sumbar,” kata Jasman dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Bacaan Lainnya

Khatib dalam kegiatan tersebut direncanakan akan diisi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar, Helmi dengan cadangan Marjoni Imamora.

“Sementara Imam dalam kegiatan tersebut Mukhlis dengan cadangan Muhammad Fantoni dan pembaca takbir Amrizal Djamain dan pihak Kemenag,” ujar Jasman.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang, melaksanakan salat Idul Adha di lapangan Balai Kota Padang.

Imam dari salat id tersebut akan dipimpin oleh seseorang yang berasal dari Palestina bernama Syekh Ahmad Abu Armana yang juga seorang Hafiz Quran.

“Salat Idul Adha di Balai Kota Padang dipimpin imam dari Palestina,” kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang, Fuji Hastomi, Rabu (6/7/2022) kemarin.

Namun, hingga berita ini dirampungkan, Khatib salat Idul Adha belum diketahui hingga saat ini.

Informasinya, khatib dalam kegiatan tersebut masih bersifat opsional dengan dua pilihan, Wali Kota Padang, Hendri Septa atau Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Japeri Jarab.

Hingga berita ini dirampungkan, Halonusa.com masih mencoba mengkonfirmasi siapa yang akan menjadi khatib Salat Idul Adha di lapangan Balai Kota Padang. (*)

Pos terkait