Jelang Idulfitri, Warga Payakumbuh Tumpah di Pasar, Walikota: Jangan Abaikan Prokes

Jelang Idulfitri, Warga Payakumbuh Tumpah di Pasar, Walikota: Jangan Abaikan Prokes
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat meninjau pasar yang ramai pengunjung untuk berbelanja kebutuhan lebaran Idulfitri 2021, Minggu (9/5/2021)
HALONUSA.COM - Beda halnya di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), walau warganya membludak mengunjungi pasar untuk belanja kebutuhan Lebaran Idul Fitri 2021. Pemerintah Kota Payakumbuh meminta agar mempertahankan dan meningkatkan protokol kesehatan (prokes).

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bahkan mengapresiasi akan tingkat kepatuhan protokol kesehatan dan ketertiban pasar Payakumbuh.

"Tingkat kepatuhan cukup tinggi, kita hanya menemukan beberapa orang saja yang tak mematuhi protokol kesehatan, itu pun langsung kita tegur bersama petugas di pasar, pertahanakan,” kata Riza Falepi saat melaksanakan monitoring bersama OPD terkait, Minggu (9/5/2021).

Baca juga: 22 Pejabat Pemko Payakumbuh Dilantik, Jaga Integritas dan Layani Masyarakat

Ia mengungkapkan saat data terbaru kasus Covid-19 di Kota Payakumbuh berada di Zona Oranye. Pemko bersama aparatur keamanan dan kesehatan terus mengimbau masyarakat agar tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Kami menyadari kondisi Covid-19 saat ini meningkat. Ini sudah menjadi hal biasa grafiknya naik menjelang lebaran dan tahun baru berdasarkan pengalaman tahun lalu,” ungkap Wali Kota Riza Falepi.

"Yang paling utama dan terpenting ialah Covid-19 jangan sampai tak terkendali, karena rumah sakit tak bisa menampung pasien yang terpapar Covid-19 bila nantinya ramai yang positif," terangnya.

Baca juga: Payakumbuh Select Berbagi Angka, Muspan Mana Mau

Bilamana penyebarannya terkendali dan landai, pihaknya yakin dan bisa memetakan kondisi sehingga lebih mudah kita mengambil kebijakan.

"Terkait hal ini bukan walikota atau wakil walikota bersama elemen lainnya yang bertanggung jawab dengan kasus Covid-19 ini, namun semua orang," ungkap walikota dua periode itu.

Imbauan kepada masyarakat terkait pengendalian Covid-19 selalu diingatkan petugas, baik dari dinas koperasi dan ukm.

"Petugas kami selain mengingatkan pedagang dan pengunjung, juga berkolaborasi dengan rekan-rekan Satpol PP bila ada pengunjung yang tidak disiplin prokes, tentu dalam penindakan dan saksi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Dahler.

Saat peninjauan ke lapangan, turut serta Kadis Koperasi dan UKM Dahler, Kasatpol PP Devitra, Kadishub Nofriwandi, Kabid Pasar Arnel, Kabid Ops dan Keselamatan Lalin B. Nasution, serta Kasi Ops Andi Malaway. (vh)

Berita Lainnya

Index