Jelang Pilkada Sumbar, KPU RI: Tekankan Keselamatan

Jelang Pilkada Sumbar, KPU RI: Tekankan Keselamatan
Warga memasukkan surat suara ke kotak suara saat simulasi pemilihan, Sabtu (21/11/2020). | Foto: Halbert Chaniago/Halonusa
HALONUSA.COM - Menjelang Pilkada Sumbar, KPU RI menekankan bahwa telah ada ketentuan mengatur keselamatan dan kesehatan dalam proses pelaksanaan pemilihan umum.

'Petugas penyelenggara Pilkada Serentak 9 Desember 2020 untuk mematuhi penetapan tersebut," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman.

Penekanan dari KPU RI tersebut, Yanuk Sri Mulyani meminta agar komisioner di daerah penyelenggara Pilkada Sumbar benar-benar menindaklanjuti seperti apa yang telah disampaikan pusat.

Baca juga: Mentawai dan Kota Padang Wilayah Utama Pendistribusian Logistik Pilkada Sumbar

Ketua KPU Sumbar yang baru-baru dilantik itu menyebutkan, agar setiap petugas maupun masyarakat diwajibkan menggunakan masker, tidak berkerumun.

Selain itu menjaga jarak serta mencuci tangan baik saat hendajk memberikan hak suara dan setelah memberikan hak suara pilih.

"Kami pastikan 9 Desember sudah tidak ada persoalan dan berjalan lancar, Insya Allah," kata Yanuk.

Baca juga: KPU Lampung Tengah Terapkan Protokol Kesehatan Pelipatan Surat Suara

Ia pun memastikan kalau 30 November ini sampul sudah tuntas pada hari ini.

"Kotak suara semuanya sudah berada di kabupaten kota, bilik surara masih memakai bilik suara pada Pemilu 2019," ungkap Yanuk. (*)

Berita Lainnya

Index