Kapolda Sumbar Ingin Jadikan Istano Rajo Basa Pagaruyung Seperti Ini

Sejumlah wisatawan berbondong-bondong datang ke Istano Raja Basa Pagaruyung usai upacara HUT Bhayangkara ke-76, Selasa (5/7/2022) siang. (Foto: Dok. Istimewa)
Sejumlah wisatawan berbondong-bondong datang ke Istano Raja Basa Pagaruyung usai upacara HUT Bhayangkara ke-76, Selasa (5/7/2022) siang. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Kapolda Sumbar, Irjen Teddy Minahasa Putra ingin menjadikan Istano Rajo Basa Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar sebagai destinasi utama tujuan wisatawan dari dalam dan luar daerah.

Hal tersebut disampaikan Teddy usai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 yang berpusat di situs bersejarah Minangkabau tersebut.

Bacaan Lainnya

Secara pribadi Teddy ingin mengaktualisasikan nilai-nilai yang ada di Pagaruyung.

“Saya ingin memperkenalkan kepada publik bahwa Sumbar tidak hanya indah dalam aspek geografi, tapi kita juga punya nilai budaya yang bisa diangkat menjadi salah satu destinasi wisata, itu filosofinya,” ucapnya, Selasa (5/7/2022) kepada awak media.

“Saya ingin memberi aktualisasi nilai-nilai yang ada di Istano Basa Raja Pagaruyung, syukur-syukur nanti (Pagaruyung) menjadi tujuan utama apabila orang berkunjung, akan terasa kurang jika ke Sumbar belum ke Pagaruyung,” sambungnya.

Dirinya ingin mengadopsi pola yang dipakai ketika pelaksanaan Sumbar Bike Week (SBW) 2022 Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang berkolaborasi dengan Polda Sumbar.

 

Pergelaran pesta rakyat dalam acara Sumatera Bike Week 2022 di Kota Bukittinggi dengan perputaran uang mencapai Rp36 miliar.

“Bayangkan konser (musik) sebesar (kegiatan HDCI) itu kami tidak pungut biaya masuk. Makanya, Saya mohon ke Bupati (Tanah Datar), tiket hari ini masuk ke (Istano Rajo Basa) Pagaruyung digratiskan,” tuturnya.

Pantauan Halonusa.com, sejumlah warga terlihat berbondong-bondong mendatangi Istano Rajo Basa Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar.

Pos terkait