Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Padang Meningkat Hampir 100 Persen

Ilustrasi rudapaksa. (Foto: Dok. Shutterstock)
Ilustrasi rudapaksa. (Foto: Dok. Shutterstock)

HALONUSA.COM – Kepolisian Resor Kota Padang mencatat kenaikan kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Padang meningkat hampir 100 persen.

“Kalau dilihat dari data yang kami miliki, angka kekerasan seksual terhadap anak meningkat drastis dibanding tahun lalu,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, Kamis (18/11/2021).

Ia mengatakan, pada tahun 2020 lalu, angka kekerasan seksual terhadap anak terhitung Januari sampai Desember sebanyak 48 laporan.

Bacaan Lainnya

“Untuk tahun ini, terhitung Januari sampai awal November 2021 ini kami memproses kasus kekerasan seksual terhadap anak sebanyak 82 laporan,” katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah korban dalam kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Padang lebih dari 100 orang.

“Untuk korban lebih dari 100 orang. Karena dalam satu laporan ada yang korbannya lebih dari satu orang,” lanjutnya.

Menurutnya, dalam kasus tersebut, pelaku rata-rata merupakan orang terdekat korban seperti keluarga dan teman dekat korban.

“Ada pelaku kakek korban, ayah kandung korban dan ada juga pacar korban. Kebanyakan memang ornag terdekat,” lanjutnya.

Menurutnya, naiknya angka kekerasan seksual terhadap anak itu terjadi karena berbagai alasan. Kebanyakan karena memang pendidikan dari keluarga korban kurang baik.

“Kebanyakan dari pelaku yang melakukan tindakan kekerasan seksual terhadap anak di Kota Padang ini karena latar belakang pendidikan yang kurang baik. Sehingga mereka mudah terpengaruh,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Padang, jika menemukan kekerasan seksual terhadap anak agar segera dilaporkan kepada pihak kepolisian.

“Kalau ada kasus kekerasan seksual terhadap anak, silahkan lansung laporkan kepada kami. Kami pastikan akan memroses kasus tersebut,” imaunya.

Pos terkait