Kasus Satelit Kemenhan, Kejagung Belum Ambil Sikap

Gedung Kejaksaan Agung tampak dari depan
Gedung Kejaksaan Agung tampak dari depan

HALONUSA.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) belum menentukan sikap usai mengamankan barang bukti dugaan tindak pidana korupsi Satelit Kementerian Pertahanan (Kemhan) Slot Orbit 123 Bujur Timur.

Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus Kejagung, Febri Adriansyah mengatakan, ketika pemeriksaan selesai maka pihak Kejaksaan akan mengambil sikap.

Bacaan Lainnya

“Yang jelas apa yang didapat dari penggeledahan sekarang lagi diteliti karean itukan barang elektronik dari hasil itu biasanya baru tahu arahnya ke mana,” katanya, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, pemeriksaan terhadap pihak terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi tersebut baru akan dilakukan saat pihaknya telah menemukan titik terang kasus tersebut.

Ia mengatakan, jika pihaknya menemukan ada keterlibatan pihak militer, kasus tersebut berubah menjadi kasus koneksitas dan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (Jampidmil) Kejagung akan melakukan komunikasi dengan Panglima TNI untuk melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya.

“Nanti semua kan diperiksa pasti, kalau untuk pertanggungjawaban pidana yang jadi saksi pastikan diperiksa tapi khusus militer itu tetap kita kordinasikan dengan jampidmil pemeriksaannya temaptnya nantikan itu kalo terkait koneksitas itu tetap keputusan panglima bukan kita,” lanjutnya.

Menurutnya, jika ada keterlibatan pihak milter dalam perkara tersebut, maka harus dikordinasikan lebih lanjut dengan polisi militer.

Pos terkait