Kemenhub Minta Maskapai Berikan Promo untuk Masyarakat yang Mudik Lebaran 2023 Menggunakan Pesawat

Kemenhub Minta Maskapai Berikan Promo untuk Masyarakat yang Mudik Lebaran 2023 Menggunakan Pesawat
Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman. (Foto: Padang Info)
HALONUSA.COM - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) meminta para maskapai penerbangan di Indonesia tidak terlalu menaikkan harga tiket pesawat untuk kelas ekonomi selama mudik lebaran Idul Fitri 2023.

Hal tersebut dilakukan karena Kemenhub menilai kondisi perekonomian masyarakat yang masih belum terlalu baik pasca Pandemi Covid-19 lalu.

"Kami sudah melayangkan surat kepada maskapai agar memperhatikan penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni.

Menurutnya, cara untuk memberikan harga tiket yang terjangkau tersebut adalah dengan memberlakukan promo untuk penumpang kelas ekonomi.

"Tapi tetap harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Ia berharap, permintaan tersebut dapat mendorong pemulihan sektor penerbangan. Sekaligus mendukung kemudahan kebutuhan mobilitas masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.

"Diharapkan, membantu masyarakat yang mudik dengan menggunakan moda transportasi udara. Angkutan udara lebaran 2023 ini, secara langsung berdampak terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas produksi angkutan udara untuk penumpang," tutupnya. (*)

Berita Lainnya

Index