Kenapa Wapres Maruf Amin Tidak Disuntik Vaksin Corona Sinovac

  • Whatsapp
Vaksin corona sinovac-Halonusa
Vaksin yang disimpan dalam Rantai Dingin (Cold Chain) | Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional/Halonusa

HALONUSA.COM – Juru bicara wakil presiden (Wapres) mengatakan, jika Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ikut vaksinasi Covi-19.

Sementara informasi, Presiden Joko Widodo akan ikut divaksinasi pada 13 Januari mendatang bersama sederet menteri kabinetnya. Kenapa Wapres tida ikut?

“Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu,” terang Masduki, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Sukseskan Program Vaksinasi Nasional, Polri Kerahkan 83.566 Personel

Wapres Ma’ruf Amin akan ikut vaksinasi nasional pada tahap kedua, selain itu faktor usia.

“Mungkin nanti di tahap berikutnya, kalau ada vaksin yang sesuai dengan kriteria kondisi Pak Wapres,” sambung Masduki.

Anehnya, menurut sumber yang dirangkum Halonusa, kalau vaksin corona buatan Sinovac dikatakan manjur kepada lanjut usia.

Akan tetapi hingga saat ini pendekatan kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 belum ada data terhadap kemujarabannya kepada orang tua.

Baca juga: 18 Ribu Tenaga Kesehatan Sumbar Bakal Divaksinasi, Dinkes: Berlangsung Januari-April

Menurut uji klinis vaksin diberikan kepada relawan dengan rentang usia 19 sampai 56 tahun.

Tapi menurut rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), penerima vaksin Covid-19 di Indonesia memilih usia 18 sampai 59 tahun pada tahp awal.

Artinya untuk Wapres Ma’ruf Amin akan ada di tahapan kedua dan menunggu data uji klinis pada kelompok penerima vaksin. (*)

Pos terkait