Ketahui Keinginan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik

Ilustrasi pelayanan. (Foto: Dok. Istimewa)
Ilustrasi pelayanan. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM – Menyelenggarakan pelayanan publik adalah satu tugas dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka juga dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan semua orang yang dilayani.

Tidak jarang, banyak tipikal masyarakat dan latar belakang yang harus dihadapi.

Bacaan Lainnya

Mereka berasal dari kalangan pejabat, pengusaha, politisi, orang miskin. Semuanya harus mendapatkan perlakuan yang sama sebagai warga negara, tanpa dibeda-bedakan.

Belakangan ini, instansi pemerintahan dan pelayanan publik juga merubah pola berfikir serta berbenah seiring perkembangan zaman.

Berbagai perubahan dan inovasi terus dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini agar tidak dinilai tertinggal dan terlalu konservatif.

ASN dituntut untuk terampil, profesional, humanis, terbuka dan menjaga komunikasi serta emosi demi membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

Menjaga hubungan yang baik merupakan poin utama dari pelayanan publik itu sendiri.

Melayani masyarakat dengan baik dan sesuai porsi juga merupakan representasi dari kebutuhan manusia.

Hal itu berlaku bagi seluruh lini kehidupan, bukan hanya di pelayanan publik, namun juga lingkungan kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari kebutuhan untuk dihargai, respek atau rasa hormat, merasa nyaman, dimengerti, disambut dengan baik.

Bagi beberapa tempat, masyarakat juga merasa butuh untuk merasa dijadikan penting, diakui atau diingat.

Setelah semua itu tercapai, masyarakat juga akan membutuhkan pelayanan yang tepat pada waktunya, pertolongan serta butuh akan produk atau jasa bermutu dan dapat diandalkan. (*)

Pos terkait