KI Sumbar Puji Komitmen Keterbukaan Informasi Kota Padang Panjang

Ketua KI Sumbar Nofal Wiska bersama Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Komisioner Adrian Tuswandi. (Foto: Humas KI Sumbar)
Ketua KI Sumbar Nofal Wiska bersama Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Komisioner Adrian Tuswandi. (Foto: Humas KI Sumbar)

HALONUSA.COM – Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat (Sumbar) Nofal Wiska puji komitmen keterbukaan informasi Pemko Padang Panjang.

Menurutnya, ujung tombak keterbukaan informasi seperti Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Bakohumas serta Walidata bekerja sangat baik dan sempurna.

Hal tersebut disampaikannya saat bersilaturahmi dengan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran di Pendopo Rumah Dinas, Selasa (8/11).

Bacaan Lainnya

Turut hadir, Sekdako, Sonny Budaya Putra, Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim dan pejabat terkait lainnya.

“Hasil evaluasi terakhir Komisi Informasi, Kota Padang Panjang mendapatkan nilai sempurna. Masih ada satu tahapan lagi, presentasi atau uji publik bagi Pemko dan Pemkab pada 19 November ini. Kehadiran Wali Kota diharapkan nantinya bisa mempresentasikan terkait inovasi yang dilakukan tentang pelaksanaan PPID,” ujarnya.

Ia berharap Padang Panjang bisa menjadi role model pelaksanaan keterbukaan infomasi publik lantaran progres yang sangat baik terlihat di Pemko.

Jika Padang Panjang meraih nilai maksimal, Padang Panjang akan menjadi wakil Sumbar di tingkat nasional pada Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan KI Pusat.

“Bagaimanapun keterbukaan informasi publik menjadi hal yang sangat penting dan tidak bisa ditawar lagi. Apalagi kondisi saat sekarang ini masyarakat sangat intens permintaan informasi, ingin mengetahui aktivitas badan publik dan anggaran,” sebut Nofal yang turut didampingi Komisioner Adrian Tuswandi.

Dikatakannya lagi, keterbukaan informasi saat ini menjadi kewajiban.

“Kami secara pribadi dan kelembagaan menginginkan ini harus dilakukan secara rutin. Tidak hanya saat monitoring dan evaluasi dari Komisi Informasi,” sebutnya.

Sementara itu, Wako Fadly menyampaikan terima kasih atas motivasi KI Sumbar kepada Pemko agar menjadi lebih baik terhadap keterbukaan informasi. Keterbukaan informasi, sebutnya, sejalan dengan visi misi Pemko tentang tata kelola pemerintahan yang responsif, inovatif dan partisipatif.

“Terima kasih kepada KI yang berkomitmen mendorong kami lebih baik. Saya yakin penilaian ini adalah dorongan kita bersama bekerja lebih baik dan maksimal,” tutupnya. (*)

Pos terkait