Kolaborasi PMI dan BPBD Padang Jaga Keselamatan Wisatawan di Pantai Air Manis

Petugas PMI Kota Padang memberikan imbauan pengunjung wisatawan di Pantai Air Manis (Foto: Dok. Muhammad Aidil)
Petugas PMI Kota Padang memberikan imbauan pengunjung wisatawan di Pantai Air Manis (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

HALONUSA.COM – Peran Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dalam menjaga keselamatan wisatawan di Pantai Air Manis diapresiasi.

Betapa tidak, sejak hari pertama lebaran hari Senin (2/5/2022) lalu, kolaborasi kedua instansi tersebut terbukti mampu meminimalisir jatuhnya korban jiwa di objek wisata.

Bacaan Lainnya

“Kami mengerahkan personel dan anggota dari Kelompok Siaga Bencana (KSB),” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basril beberapa waktu lalu.

Sejatinya, kata Basril, petugas BPBD Kota Padang difokuskan untuk pengamanan di Pantai Padang, berdasarkan hasil rapat koordinasi pengamanan lebaran dengan Polresta Padang.

“Namun, untuk mensiasati keberadaan petugas di Pantai Air Manis, kami dibantu oleh petugas dari KSB Kota Padang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Padang, Rika Medi mengaku bersyukur bahwa pihaknya dibantu dengan keberadaan petugas dari TNI, Polri dan BPBD.

“Kolaborasi ini yang kami harapkan, karena urusan kemanusiaan, urusan kita semua,” ucapnya.

Terpisah, salah seorang pengunjung Pantai Padang, Arka, 43 tahun, mengaku merasa aman dan nyaman dengan keberadaan petugas kemanusiaan di objek wisata.

“Sehingga dengan keberadaan tim ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa bisa diminimalisir secepat mungkin, kami apresiasi itu,” imbuh warga Kota Pekanbaru, Riau tersebut. (*)

Pos terkait