Kolaborasi Teknologi 5G Telkomsel bersama Schneider Electric

  • Whatsapp
Penandatanganan Nota Kesepahaman 5G Trial Join Collaboration Telkomsel dan Schneider Electric
Penandatanganan Nota Kesepahaman 5G Trial Join Collaboration Telkomsel dan Schneider Electric

HALONUSA.COM – Seiring peluncuran layanan 5G di Kota Batam, Telkomsel melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Schneider Electric untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0 dengan melaksanakan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program.

Beberapa program dilaksanakan, seperti live streaming virtual tour dari pabrik pintar Schneider Electric di Batam ke mitra global dan membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan EcoStruxure Machine Advisor. Kolaborasi dengan Schneider Electric menunjukkan keseriusan Telkomsel dalam mendukung kebutuhan industri akan manfaat 5G.

Baca juga: Dorong Implementasi Industri 4.0, Layanan Telkomsel 5G di Kota Batam Diluncurkan

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menjelaskan, MoU dengan Schneider Electric bukti nyata komitmen Kota Batam dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G yang tepat guna melalui upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan pelaku di industri.

“Kami sangat antusias untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi 5G bagi pelaku industri lain untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan,” katanya.

Selain itu Telkomsel juga akan terus memperkuat kolaborasi Kota Batam dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam ekosistem 5G untuk menyediakan layanan Telkomsel 5G yang tepat guna dan dapat diakses oleh lintas sektor industri.

Baca juga: Telkomsel Kembangkan Digital Inklusif Berkelanjutan di Kota Batam

Sebagai First 5G Operator yang terus mendorong adopsi 5G di Indonesia, termasuk di sektor industri, Telkomsel menggelar inisiatif D’Frontrunner sebagai gerakan untuk mengajak banyak perusahaan tampil terdepan dalam transformasi digital.

Sejumlah program dijalankan dari inisiasi D’Frontrunner, di antaranya D’Frontrunner Award, D’Frontrunner Academy, D’Frontrunner Lab, dan D’Frontrunner Summit.

Inisiatif tersebut menjadi bagian dari Telkomsel myBusiness sebagai unit bisnis yang memimpin orkestrasi teknologi digital melalui penyediaan solusi bisnis berbasis digital yang komprehensif.

Tentang Layanan Telkomsel 5G

Baca juga: RAPBD Kota Batam Sah Rp2 Triliun Lebih, Pemkot Akomodir Saran DPRD

Terkait kesiapan perangkat 5G di pasaran, kini sudah hadir serangkaian gawai yang kompatibel untuk mendukung layanan Telkomsel 5G dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Kedepan, Telkomsel akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung.

Tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang prosedurnya akan disediakan oleh tiapmasing-masing produsen smartphone.

Bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

Baca juga: 5G Telkomsel Tersedia di Sembilan Kota, Berikut Kota dan Cara Menikmatinya

Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G
Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G untuk mengisi formulir registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.

Kedepannya, Telkomsel berkomitmen akan terus menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan teknologi mutakhir untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Sebagai operator 5G pertama di Indonesia, Telkomsel akan mengoptimalkan kesempatan ini untuk dapat berkontribusi lebih besar bagi kemajuan bangsa melalui inovasi terdepan,” ucap Dharma menutup. (tan)

Informasi lebih lanjut mengenai layanan Telkomsel 5G dapat diakses melalui telkomsel.com/5G

Pos terkait