Kontribusi Dunia Pendidikan, AHM dan Honda Hayati Resmikan Pos AHASS TEFA di Bukittinggi

PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumatera Barat (Sumbar) dan AHASS Central Servis I meresmikan Pos Teaching Factory (TEFA) di SMKN 1 Bukittinggi, Selasa 14 Maret 2023. (Foto: Honda Hayati)
PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumatera Barat (Sumbar) dan AHASS Central Servis I meresmikan Pos Teaching Factory (TEFA) di SMKN 1 Bukittinggi, Selasa 14 Maret 2023. (Foto: Honda Hayati)

HALONUSA.COM – Sebagai salah satu bukti kontribusi nyata dalam dunia Pendidikan, PT. Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumatera Barat (Sumbar) dan AHASS Central Servis I meresmikan Pos Teaching Factory (TEFA) di SMKN 1 Bukittinggi, Selasa 14 Maret 2023.

Pos AHASS TEFA ini merupakan yang pertama di Sumatera Barat serta yang ke-12 secara nasional.

Peresmian Pos AHASS TEFA di SMKN 1 Bukittinggi ini dihadiri langsung oleh Oni Setiawan selaku SHEP Officer PT. AHM, Febriyestion selaku SHEP Manager PT. AHM, Mira Wati selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan, Muhammad Dinin selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi, Roni Ade pemilik AHASS Central Servis I serta kepala sekolah SMK Mitra Binaan AHM dan Kepala Program Studi TBSM Se-Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Pos AHASS TEFA hadir di SMK Mitra Binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah dipersyaratkan melengkapi sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas.

Seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal dua, serta fasilitas pendukung lainnya. AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA.

Bengkel yang berdiri di atas area 9 x 12 meter, dilengkapi dengan sarana dan prasarana bengkel yang berstandar AHASS. (4 pit servis dengan kelengkapan tool servis, SST/peralatan khusus untuk servis, administrasi bengkel standar AHASS). Pada kesempatan ini, AHM juga menyerahkan donasi 1 unit CB150X untuk praktek.

“Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA. Seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli, serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, setiap Pos AHASS TEFA akan diawasi secara langsung oleh mekanik AHASS Central Servis I,” ujar Oni Setiawan.

Tujuan pengembangan program ini adalah pembelajaran berbasis industry (sebagai tempat belajar siswa) dan sebagai program pengembangan bisnis oleh sekolah dalam arti memaksimalkan segala fasilitas yang dimiliki sekolah untuk dapat menghasilkan nilai tambah demi kesejahteraan warga sekolah.

“Program ini juga dimaksudkan untuk melaksanakan praktik baik (best practice) yang bisa diimbaskan kepada sekolah-sekolah lainnya. Masyarakat yang ingin servis motor Honda di Pos AHASS TEFA jangan ragu dan khawatir, karena semua pengerjaan diawasi oleh mekanik resmi dari Honda,” tutur Febriyestion.

Hal ini sangat disambut baik oleh pihak SMKN 1 Bukittinggi, Muhammad Dinin selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi menyampaikan dengan adanya kerjasama ini nantinya diharapkan siswa/siswi lulusan dari sekolah kami dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, daya saing serta siap menghadapi dunia kerja.

‚ÄúDengan adanya Pos AHASS TEFA di SMKN 1 Bukittinggi ini siswa bisa langsung praktik mengimplementasikan ilmu. Sehingga bisa berkontribusi dan bersaing di industri kerja nantinya. Transfer ilmunya semakin cepat dan output-nya nanti bisa langsung diterima industri kerja,” tutupnya. (*)

Pos terkait