Korban Puting Beliung di Tanah Datar Butuh Bantuan

  • Whatsapp
IMG_-Puting Beliung_Tanah Datar-Halonusa-

HALONUSA.COM – Sejumlah rumah warga rusak dan beberapa pohon tumbang di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) setelah puting beliung memorak-porandakan wilauyah itu.

Peristiwa bencana alam itu terjadi Rabu hingga Kamis dini hari lalu, nyaris semua rata dengan tanah meskipun tidak ada korban nyawa.

Masyarakat setempat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Puting beliung di Tanah Datar itu kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah (BPBD) Tanah Datar Benny Yohenri terjadi di sejumlah kecamatan di Tanah Datar.

Baca juga: Enam Warga Tanah Datar Rabu Ini Positif Corona, Satu Dinyatakan Sembuh

Di antaranya Kecamatan X Koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Salimpaung, Sungai Tarab, Pariangam, Lima Kaum dan Tanjun Baru.

“Selain kerusakan rumah akibat tertimpa pohon tumbang, beberapa rumah juga rusak akibat atapnya lepas diterjang angin,” urai Benny Yohenri.

Parahnya lagi atap rumah gadang dan sekolah rusak berat. Di kecamatan Batipuh Selatan mengakibatkan akses jalan Nagari Sumpur dan Guguak Malalo tidak dapat dilalui kendaraan.

“Kami mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang rumahnya berdekatan dengan pohoh tinggi besar,” katanya.

Masyarakat terdampak bencana puting beliung saat ini membutuhkan bantuan darurat. (vh)

Pos terkait