Kumpulkan Rendang untuk Korban Gempa di Cianjur, Pemprov Sumbar Sebut 10 Persen Buat Perantau

Petugas BPBD Sumatera Barat menerima rendang dari salahs atu instansi di Sumatera Barat (Foto: Endhy/Halonusa.com)
Petugas BPBD Sumatera Barat menerima rendang dari salahs atu instansi di Sumatera Barat (Foto: Endhy/Halonusa.com)

HALONUSA.COM – 10 persen rendang yang dikumpulkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diperuntukkan bagi perantau Minang yang ada di Cianjur.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat, Rumainur, Selasa 22 November 2022.

“Biasanya 10 persen dari jumlah rendang tersebut akan kami salurkan untuk perantau Minang,” katanya.

Bacaan Lainnya

Setelah 10 persen dari jumlah total rendang tersebut diserahkan kepada perantau Minang, 90 persen lainnya baru diserahkan kepada pemerintah daerah setempat.

Meskipun telah diperkirakan jumlah rendang yang akan diberikan kepada perantau Minang di Cianjur, pihaknya belum mengetahui jumlah perantau Minang yang menjadi korban bencana alam tersebut.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan data perantau kita yang jadi korban, biasanya nanti dari perkumpulan perantau akan memberitahukan jumlah korban tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan penggalan rendang untuk korban gempa di Cimahi yang menewaskan seratusan orang.

“Kita mendapatkan perintah dari bapak Gubernur untuk melakukan penggalangan rendang yang akan dikirimkan untuk korban gempa di Cimahi,” kata

Ia mengatakan bahwa pengumpulan rendang tersebut sudah dimulai pada Selasa 22 November 2022. Rendang tersebut akan dikumpulkan di Kantor BPBD Sumatera Barat.

“Kami menargetkan jumlah rendang yang terkumpul ini sebanyak 1 ton yang akan dikirimkan nanti ke Cianjur,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengumpulan rendang ini sampai Kamis 24 November 2022 mendatang. Sehingga bisa cepat diberikan kepada korban gempa Cianjur.

“Untuk rendang yang dikumpulkan ini boleh dari masyarakat dan juga instansi lainnya di Sumatera Barat ini,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan rendang untuk korban gempa Cimahi bisa langsung mengantarkannya ke Kantor BPBD Sumatera Barat.

“Jadi kalau ada masyarakat yang ingin menyumbangkannya silahkan langsung antarkan ke Kantor BPBD Sumatera Barat di Jalan Sudirman,” tutupnya. (*)

Pos terkait