Kunjungi Sekolah Penggerak Kurikulum Prototype, ini Kata Mendikbudristek

Kunjungi Sekolah Penggerak Kurikulum Prototype, ini Kata Mendikbudristek
Mendikbudristek, Nadiem Makarim menjelaskan tentag kurikulum Prototype kepada siswa di SMPN 2 Bandung
HALONUSA.COM - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengunjungi salah satu sekolah yang telah melaksanakan kurikulum prototype di Kota Bandung, Senin (17/01/2022).

Saat berkunjung ke Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bandung, ia mengatakan kurikulum prototipe merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan perubahan dalam pengembangan karakter dan pola pikir siswa.

"Melalui kurikulum prototipe, akan mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar," katanya kepada siswa di salah satu kelas.

Ia mengatakan bahwa pihaknya ingin mnciptakan sebuah perubahan dengan pemberlakukan kurikulum Prototype tersebut.

“Dengan kurikulum ini, kita ingin menciptakan perubahan pada anak yang memiliki kemampuan berkolaborasi, kemampuan berpikir kritis, belajar berdebat, dan membuat inisiatif-inisiatif sesuai dengan kebutuhannya,” lanjutnya.

Selain itu, ia mengatakan, kurikulum prototipe memberi fleksibilitas dan ruang besar bagi kearifan lokal, sehingga setiap satuan pendidikan dapat menunjukkan karakter dan keunikannya masing-masing.

“Ini adalah kesempatan bagi Bapak/Ibu guru untuk melakukan perubahan, jadi mohon untuk tidak disia-siakan,” tutupnya.

Berita Lainnya

Index